Mycoplasma Pneumoniae Sudah Masuk Jakarta, Jauhi Anak-anak dari 4 Makanan Ini Sekarang Juga

By Raka, Selasa, 5 Desember 2023 | 15:40 WIB
Makanan yang diduga memperparah kondisi Mycoplasma Pneumoniae (Alodokter)

SajianSedap.com - Kabar buruk bagi para orang tua.

Dinas kesehatan DKI Jakarta mendata sudah ada beberapa temuan kasus Mycoplasma Pneumoniae mulai menjangkiti anak-anak di Ibukota Indonesia ini.

Melansir Kompas.id, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menerima laporan anak terinfeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae berdasarkan tes polymerase chain reaction atau PCR.

Dinas masih menghimpun jumlah pasti anak yang terinfeksi melalui pemeriksaan yang spesifik untuk mengetahui jenis bakteri penyebab pneumonia.

Mycoplasma pneumoniae dilaporkan menjadi salah satu penyebab kenaikan kasus pneumonia di China.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama menyebutkan, sudah ada beberapa anak terinfeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae berdasarkan hasil tes PCR.

Mereka berada dalam perawatan di rumah sakit.

Pihaknya kini masih menghimpun jumlah anak yang terinfeksi.

Sebab, guna mengetahuinya, pemeriksaan spesifik diperlukan untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari suatu bakteri atau virus.

”Gejala utamanya sesak napas karena radang paru. Butuh perawatan jika kondisinya berat,” kata Ngabila.

Maka dari itu, mulai sekarang cegah anak-anak di rumah untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung beberapa bahan ini.

Baca Juga: Anak Zaskia Adya Mecca Sampai Dilarikan ke Rumah Sakit Karena Kena Pneumonia, Ternyata 4 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Anak Mudah Terkena Pneumonia, Para Orang Tua Catat!