Jangan Heran Kalau Tak Pernah Sakit, Rajin Tambahkan 1 Bahan Ini Saat Masak Nasi Jadi Alasannya

By Amelia Pertamasari, Jumat, 8 Desember 2023 | 18:10 WIB
Tips masak nasi agar rendah gula. (Google)

SajianSedap.com - Nasi, khususnya nasi putih, adalah makanan pokok bagi banyak orang Indonesia.

Makanan ini tidak hanya sebagai sumber karbohidrat, tapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hingga ada istilah 'belum kenyang jika belum makan nasi' yang terus berkembang seperti sekarang.

Apalagi kemudahan dan harga terjangkau untuk beras sebagai asal nasi menjadi pertimbangan hal ini.

Sayangnya banyak orang menghindari makan nasi karena kondisi-kondisi kesehatan tertentu. Seperti penderita diabetes yang disarankan untuk memperhatikan asupan nasi putih karena kaya karbohidrat.

Diketahui nasi putih memiliki kadar pati yang tinggi. Dalam secangkir beras putih mengandung 45 gram karbohidrat dan menghasilkan 206 kalori.

Selain itu di dalam beras, terdapat juga pati yang dapat dicerna dan pati resisten atau tidak dapat dicerna.

Pati yang dapat dicerna inilah yang menghasilkan kalori dan dapat diolah tubuh menjadi energi. Namun jika berlebihan makan nasi, akan disimpan menjadi gula pada tubuh.

Perlu diingat bahwa kelebihan gula dalam tubuh akan memicu timbulnya berbagai penyakit. Seperti menyebabkan meningkatkan risiko penyakit jantung, obesitas hingga diabetes.

Tapi jika Anda tidak bisa jauh dari nasi, berikut ini ada cara masak nasi agar bisa rendah gula sehingga lebih aman dikonsumsi. Yuk lihat!

Cara memasak nasi rendah gula

Cara memasak nasi yang lebih sehat dengan meningkatkan kandungan pati resisten pada nasi putih.

Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani membagikan tips memasak nasi yang lebih sehat.

Baca Juga: Ibu-ibu Pasti Banyak yang Tidak Tahu, Kalau Nasi Baru Matang, Penutup Rice Cooker Harus Dibuka Selama 10 Menit, ini Alasan Para Ahli