Berawal dari Dapur Rumah, Bloomery Patisserie Kini Punya 7 Toko di 4 Kota Besar

By Yussy Maulia,ADV PI, Selasa, 19 Desember 2023 | 15:00 WIB
Salah satu kue ulangtahun kreasi Bloomery Patisserie. (Dok. Bloomery Patisserie)

SajianSedap.com – Berawal dari coba-coba, ternyata banyak yang suka. Ungkapan itu cocok untuk menggambarkan perjalanan bisnis Vania dalam mendirikan toko kue miliknya, yaitu Bloomery Patisserie.

Siapa sangka, toko yang kini sukses dan memiliki tujuh cabang di empat kota besar tersebut berawal dari bisnis kecil-kecilan yang dirintis di dapur kecil rumah Vania di Yogyakarta.

“Awalnya, kami menjual mille crepe karena ini kue favorit ibu saat pandemi. Saya tidak menyangka kalau usaha yang saya dan saudara mulai dari nol dan modal seadanya ini bisa sebesar sekarang,” cerita Vania kepada SajianSedap, Senin (18/12/2023).

Vania mengatakan, bisnis itu ia mulai saat pandemi. Modal awalnya pun cukup terbatas, yakni hanya Rp 50 juta. Meski begitu, Vania giat mempromosikan bisnisnya melalui media sosial.

Baca Juga: Sisa Kue Kering Natal Bisa Bertahan Lebih Dari Satu Bulan, Begini Caranya

Selain promosi, Vania juga giat mengembangkan produk-produknya agar menghasilkan kue yang lezat dan berkualitas. Setiap proses pembuatan kue juga diiringi dengan kontrol kualitas yang ketat.

Seiring waktu, Bloomery Patisserie mulai menyediakan berbagai pilihan kue dan dessert untuk masyarakat yang ingin merayakan momen-momen spesial, seperti ulang tahun, anniversary, pernikahan, dan perayaan hari besar.

Berkat strategi dan inovasi tersebut, Bloomery Patisserie berhasil membuka tujuh toko di empat kota, yakni Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan Solo.

Bahkan, akun Instagram Bloomery Patisserie yang awalnya tidak memiliki pengikut, berhasil menarik 103.000 pengikut dalam kurun waktu tiga tahun, dan akun TikTok-nya diminati oleh 45.000 pengikut.

Baca Juga: Cara Memotong Kue yang Rapi Bisa Pakai Benang? Simak Dulu 3 Caranya, Dijamin Tidak Bikin Repot!

Selama tiga tahun beroperasi, Bloomery Patisserie juga bekerja sama dengan beberapa perbankan dan perusahaan lain untuk menyediakan hamper bagi kliennya.

Hamper berisi macarons dari Bloomery Patisserie.