Hari Terakhir Bazar Potensi 'Grebek Sudiro', Pengunjung Sesaki Stand Makanan di Kawasan Pasar Gede

By Amelia Pertamasari, Sabtu, 10 Februari 2024 | 21:20 WIB
Kemeriahan acara bazar potensi Grebeg Sudiro. (SajianSedap/Amelia)

SajianSedap.com - Hari terakhir bazar potensi dan perahu wisata sebagai rangkaian acara 'Grebeg Sudiro' 2024 pada Sabtu (10/2) ramai oleh pengunjung.

Kemeriahan dalam menyambut Tahun Baru Imlek ini selalu menjadi ciri khas perayaan Imlek di Kota Solo yang mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Grebeg Sudiro sendiri merupakan tradisi Imlek di Indonesia yang terbilang cukup menarik dan unik.

Hal ini karena adanya proses akulturasi yang harmonis antara budaya Jawa dengan budaya masyarakat Tionghoa di Solo.

Dan perayaan tahunan ini selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat lokal dan wisatawan di Kota Solo untuk menyambut Tahun Baru Imlek di Kota Solo.

Ini karena meriahnya rangkaian acara dari karnaval budaya, umbul Mataram, perahu wisata hingga bazar potensi kuliner dan produk UMKM.

Bazar potensi menjadi salah satu rangkaian acara Grebeg Sudiro yang selalu ramai akan pengunjung.

Acara ini berupa bazar UMKM makanan dan sejumlah kerajinan dari sejumlah pelaku UMKM di Kota Solo yang digelar sejak 27 Januari hingga 10 Februari setiap hari mulai pukul 16.00 WIB.

Dan di hari terakhir acara ini digelar yang bertepatan dengan libur tahun baru Imlek, bazar potensi disesaki oleh pengunjung luar kota maupun dalam kota.

Salah satu pengunjung asal Karanganyar, Riri mengatakan, "Datang kesini bersama keluarga mau menikmati acara bazar potensi dan perahu wisata."

Dirinya mengatakan mencicipi beberapa makanan seperti selat Solo hingga es teh khas Solo yang dijual di stand makanan yang berjejer di area kawasan Pasar Gede Solo.

Dari liputan tim SajianSedap, puluhan stand makanan berjejer menjual beragam makanan tradisional khas Solo hingga makanan modern.