Cara Ampuh Atasi Air yang Masuk ke Telinga, Kembali Plong Kalau Ikuti 6 Tips ini

By Ulfa, Kamis, 29 Februari 2024 | 15:22 WIB
Cara atasi telinga yang kemasukan air (SHAYNEPPLSTOCKPHOTO/SHUTTERSTOCK)

SajianSedap.com - Pernahkah kamu alami telinga kemasukan air?

Kondisi ini biasanya terjadi saat kamu mandi ataupun saat berenang.

Kalau sudah begini, pasti rasanya sudah tidak nyaman.

Kita pun tidak boleh menganggap hal ini biasa saja, karena jika kondisi ini dibiarkan tanpa adanya penanganan yang tepat, telinga yang kemasukan air dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan telinga, loh!

Salah satunya adalah otitis eksterna (infeksi atau peradangan pada saluran telinga luar).

Kondisi tersebut dapat menimbulkan beberapa gejala seperti telinga tampak kemerahan, nyeri saat menarik daun telinga, keluar cairan bening dari telinga, gatal pada saluran telinga, hingga terjadinya gangguan pendengaran.

Maka dari itu, kalau kamu alami telinga kemasukan air segera lakukan cara ampuh berikut ini.

6 Cara Atasi Telinga Kemasukan Air

1. Memiringkan kepala

Cara untuk mengatasi telinga yang kemasukan air yang pertama adalah dengan memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air.

Saat memiringkan kepala, tarik daun telinga secara perlahan agar saluran telinga menjadi lebih terbuka sehingga air dapat keluar dengan mudah.

2. Menggerakkan rahang dan mulut

Menggerakkan rahang dan mulut dengan cara mengunyah permen karet atau menguap menjadi pilihan kedua untuk mengatasi permasalahan telinga kemasukan air.

Rahang yang meregang saat menguap atau mengunyah permen karet diketahui mampu membantu melegakan saluran telinga yang tersumbat, sehingga dapat mendorong air keluar dari telinga.

Baca Juga: Trik Jitu Mengeluarkan Kotoran di Telinga Tanpa Cotton Bud, Lebih Bersih Dan Lebih Aman Pakai Air Dari Dapur Ini