Jangan Mendadak Berhenti, Begini Tips Minum Kopi Saat Bulan Puasa Agar Perut Tetap Nyaman

By Amelia Pertamasari, Kamis, 14 Maret 2024 | 16:37 WIB
Aturan minum kopi saat puasa. (Kompas)

SajianSedap.com - Minum kopi saat puasa seringkali dianjurkan untuk dihindari karena dapat mengganggu kinerja tubuh.

Kopi mengandung kafein yang berefek diuretik, sehingga mengonsumsinya saat sahur dapat memperparah dehidrasi saat seharian berpuasa.

Minum kopi saat berbuka puasa juga dapat menyebabkan insomnia pada malam hari, sehingga membuat lemas dan tidak produktif di pagi hari.

Kopi juga dapat meningkatkan risiko GERD (Gastroesophageal reflux) karena tingkat keasaman kopi yang tinggi bertemu dengan keasaman dari lambung.

Ahli endokrinologi di Canadian Specialist Hospital di Dubai, Uni Emirat Arab, Dr. Sarah Alam menyampaikan pentingnya membatasi konsumsi kopi, teh, dan minuman berkarbonasi selama berpuasa.

"Tetap terhidrasi selama berpuasa itu penting, dan setiap individu sebaiknya memprioritaskan minum air (putih) antara buka puasa dan sahur," tutur Alam, dikutip dari Khaleej Times, Selasa (12/3/2024).

Namun, terkadang ada orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap harinya. Ada pula yang tetap ingin minum kopi agar lebih bersemangat sebelum memulai aktivitas.

Beberapa orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari juga akan mengalami sakit kepala jika tidak minum kopi.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa minum kopi saat berpuasa?

1. Jangan mendadak berhenti

Ahli gizi Rahaf Al Bochi mengatakan bahwa meminum kopi saat berpuasa merupakan keputusan personal.

"Jika Anda pemInum kopi dan tiba-tiba berhenti (minum) selama Ramadan, anda akan mengalami sakit kepala," tutur Bochi, dilansir dari CNN.

Baca Juga: 5 Buah yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Lambung untuk Berbuka Puasa, Bikin Perut Nyaman dan Penyakit Tidak Kambuh