Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 1)

By nisa, Minggu, 21 Februari 2016 | 17:00 WIB
Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 1) (nisa)

      SajianSedap.com – Makanan yang dibuat dari daging cincang ini dibentuk menjadi bola-bola dan bisa disajikan menggunakan kuah kaldu, aneka pasta atau hanya dengan saus tomat kental. Ragam variasi bakso di dunia juga memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri masing-masing negara asalnya.

Kofta

      Bakso ini banyak dikonsumsi di negara Timur Tengah, Yunani, Mediterania, dan Asia Selatan. Kofta bisa dibuat dari daging babi, daging sapi, domba, atau ikan yang dicampurkan dengan bumbu, seperti lada hitam, kayu manis dan allspice. Bakso ini biasanya ditaburi dengan daun mint, peterseli, dan bawang. Bakso ini juga biasa disajikan dengan selada, tomat dan beberapa sendok saus yoghurt bawang.

Moroccan Kefta Mkaouara

      Hidangan ini berasal dari tradisi Afrika Utara kuno dan dipengaruhi kuliner Persia-Arab. Mkaouara adalah sup bakso dan telur yang dimasak dalam saus tomat pedas. Bakso terbuat dari daging domba dan dibumbui dengan rempah, paprika, dan jintan. Bakso ini disajikan dalam tomat harissa, saus, dan diisi dengan telur.

Keftedes

      Keftedes paling populer di Yunani dan sering disajikan sebagai hidangan pembuka dengan tzatziki, tapi dapat disertai dengan nasi atau dalam saus tomat untuk makanan lengkap. Kadang bakso dibuat dari daging domba atau daging sapi, kemudian dicampur dengan roti basah, bawang putih, dan oregano. Lalu, digoreng hingga garing dan juicy.

Turkish Cig Köfte

      Cig köfte unik, karena bakso yang tidak memerlukan proses memasak sama sekali. Terbuat dari daging cincang mentah yang dicampur dengan gandum, kemudian dibentuk menjadi bakso halus.

Köttbullar

      Bakso asal Swedia ini biasanya dibuat dari campuran daging babi dan sapi, kemudian ditumis, lalu dilapisi saus putih yang dibuat dari susu, tepung, dan kaldu. Saat penyajian bakso ini jangan lupa menyertakan lingonberry, acar ketimun, mie mentega, atau kentang rebus tumbuk.

Königsbeger Klopse