Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 2)

By nisa, Minggu, 21 Februari 2016 | 17:00 WIB
Ragam Variasi Bakso di Dunia (Bagian 2) (nisa)

      SajianSedap.com – Makanan yang dibuat dari daging cincang ini dibentuk menjadi bola-bola dan bisa disajikan menggunakan kuah kaldu, aneka pasta atau hanya dengan saus tomat kental. Ragam variasi bakso di dunia juga memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri masing-masing negara asalnya.

Bangladesh Chitol Macher Kofta

      Bakso ini dibuat dari daging ikan cincang yang dibumbui dengan cabai, bawang putih, dan rempah-rempah seperti jinten. Kemudian, digoreng dan dimasukkan ke dalam saus kental. Kebanyakan rasa bakso ini menyegarkan dengan rasa khas dari bawang, cabai hijau, jinten, ketumbar, jahe, dan kunyit.

Albondigas

      Di Spanyol, bakso ini umum terdapat dalam menu Tapas, dibuat dari campuran daging sapi dan babi. Kemudian direbus dalam saus yang dibuat dari tomat dan bawang putih. Di Meksiko, bakso sering diisi dengan telur dan disajikan dalam kaldu bening atau saus chipotle. Dan di Filipina, Almondigas disajikan dengan kaldu dan mie beras.

Faggots

      Bakso ini dibuat dari jeroan yang dibungkus dengan lembaran lemak, kemudian dipanggang. Bakso disajikan dengan saus kaldu, kentang, dan kacang polong tumbuk mentega.

Skilpadjies

      Bakso asal Afrika Selatan ini mendapat pengaruh dari Inggris. Namun, daging babi yang biasa digunakan sebagai bahan utama diganti dengan daging sapi, daging rusa, atau daging burung unta. Lalu ditambah pala dan kismis.

Polpette

      Bakso ini dibuat dari daging sapi dan berukuran lebih kecil. Bakso ini hanya digoreng atau dipanggang, dan biasanya disajikan tanpa saus. Kadang bakso diisi dengan keju atau daging asap di dalamnya.

Frikadeller