Sumber Peningkat Metabolisme Tubuh (Bagian 2)

By nisa, Kamis, 18 Februari 2016 | 17:00 WIB
Sumber Peningkat Metabolisme Tubuh (Bagian 2) (nisa)

      SajianSedap.com - Metabolisme adalah proses tubuh mengekstrak kalori dari makanan yang dikonsumsi, menggabungkan dengan oksigen dan menghasilkan energi. Energi digunakan untuk melaksanakan berbagai fungsi seperti sirkulasi darah, pernapasan, pencernaan makanan, menjaga keseimbangan hormonal, pertumbuhan dan perbaikan sel.

      Tingkat metabolisme berbeda dari orang ke orang. Agar tetap memiliki energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari, perlu melakukan sumber peningkat metabolisme tubuh dengan mengkonsumsi bahan-bahan seperti berikut:

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

      Kacang-kacangan seperti almond, kacang Brasil, kacang walnut dan pistachio memiliki banyak manfaat kesehatan. Kacang adalah sumber besar dari protein dan memiliki efek termal yang tinggi untuk membakar lebih banyak lemak. Biji seperti biji bunga matahari dan biji rami juga membantu dalam menaikkan metabolisme. Biji-bijian juga dibutuhkan untuk memberikan energi ekstra yang dapat memecah, mencerna dan membantu membakar lemak.

Salmon

      Salmon rendah lemak jenuh, namun tinggi protein, asam lemak esensial omega-3, selenium, niacin dan vitamin B12, fosfor, magnesium, dan vitamin B6. Asam lemak omega-3 membantu menjaga stabilitas detang jantung, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, meningkatkan kolesterol baik, dan mencegah penyumbatan arteri.

Oatmeal

      Oat mengandung serat yang bersifat melawan kanker dan mengurangi toksisitas empedu. Serat larut dapat mengurangi kolesterol LDL dan memperlambat pencernaan pati. Oat merupakan sumber vitamin E, zink, protein, selenium, tembaga, besi, mangan dan

Air

      Kandungan air dalam otot sebesar 75%, otak 74%, dan tulang 22%. Minum 8 gelas air untuk mencegah tubuh dehidrasi yang dapat memperlambat metabolisme tubuh.

Putih Telur

      Putih telur kaya asam amino yang memicu metabolisme. Telur mengandung banyak protein dan vitamin D.