Bedakan Jenis Parutan untuk Bahan Lunak atau Keras

By nisa, Rabu, 24 Februari 2016 | 17:00 WIB
Bedakan Jenis Parutan untuk Bahan Lunak atau Keras (nisa)

SajianSedap.com – Parutan adalah alat dapur yang digunakan untuk memarut makanan menjadi potongan-potongan halus. Alat yang ditemukan oleh François Boullier pada tahun 1540-an ini awalnya parutan digunakan untuk memarut keju. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak jenis parutan yang biasa digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari. Berikut penjelasannya.

Parutan Keju

Jenis parutan ini digunakan untuk memarut keju, kulit jeruk lemon, atau untuk memarut makanan ringan lainnya. Dalam masakan Slavia, parutan ini juga biasanya digunakan untuk memarut kentang. Di negara-negara tropis, parutan ini digunakan untuk memarut daging kelapa.

Parutan Kotak

Parutan ini baik untuk memarut jenis keju lunak dan bahan makanan keras, seperti kentang untuk kentang goreng. Lubang dengan ukuran sedang digunakan untuk memarut makanan keras menjadi ukuran kecil. Sedangkan lubang dengan ukuran kecil akan menghasilkan hasil parutan yang lebih kecil, seperti untuk memarut keju Parmesan. Bagian tepi parutan yang tajam digunakan untuk mengupas kulit buah atau sayuran.

Parutan Tangan

Parutan ini biasanya digunakan untuk memarut bahan langsung di atas wadah. Parutan ini hanya memiliki satu sisi dengan ukuran lubang sedang. Parutan ini biasanya digunakan untuk memarut keju berukuran kecil, cokelat, atau kelapa.

Parutan Putar

Parutan ini akan menghasilkan bahan makanan parut yang paling halus. Alat ini sempurna untuk memarut keju Parmesan untuk pasta, atau cokelat batangan untuk cappuccino. Parutan ini adalah jenis yang paling aman, karena tangan tidak akan terluka terkena pisau parutan saat menggunakannya. Anda bisa mencari parutan putar yang manual atau yang elektrik.

Zesters

Parutan ini dapat mengeluarkan aroma dan ekstrak pada bahan makanan yang diparut. Alat ini biasanya digunakan untuk memarut batang kayu manis, pala, atau jeruk kulit. Bentuk parutan ini lebih ramping dengan ukuran lubang lebih kecil dari parutan tangan. Sangat ideal untuk memarut kulit jeruk lemon dan jeruk limau, karena lubang kecil parutan tidak akan mengambil empulur (bagian putih kulit yang pahit).

Parutan Pala