Olahan Durian Unik Khas Indonesia

By dedeayu, Kamis, 10 Maret 2016 | 17:00 WIB
Olahan Durian Unik Khas Indonesia (dedeayu)

       SajianSedap.com – Bicara tentang olahan durian unik khas Indonesia, jumlahnya sangat banyak. Sebab, setiap wilayah di Indonesia memiliki olahan durian sendiri. Berikut beberapa yang wajib dicoba.

Tempoyak

      Tempoyak merupakan durian yang difermentasi, yang kemudian dijadikan berbagai hidangan khas di Palembang dan Lampung. Tempoyak biasa dijadikan sambal, dan bisa pula dijadikan bahan utama pembuat pepes ikan dan udang, serta pembuat sayur. Karena difermentasi, rasa dan aromanya menjadi sangat unik. Perpaduan rasa manis dan asam, dengan aroma durian yang harum.

Lempok Durian

       Lempok durian menjadi oleh-oleh khas dari Bengkulu, Pontianak, dan Palembang. Bentuknya mirip dodol, namun terdapat perbedaan komposisi bahan antara dodol durian dengan lempok durian. Jika dodol didominasi dengan tepung beras santan dan gula, sementara durian hanya pemberi rasa, lain halnya dengan lempok durian. Lempok durian terbuah dari daging buah durian, gula, dan sedikit garam. Jadi rasa durian sangat mendominasi.

Serabi Kinca Durian

       Olahan durian unik ini banyak ditemui di Bandung. Serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan dinikmati dengan kuah kinca yang terbuat dari santan dan gula merah yang ditambahkan daging buah durian.

Es Krim Durian

      Es krim durian juga merupakan olahan durian unik khas Bandung. Terbuat dari santan, gula, dan campuran daging buah durian. Setelah bahan-bahan dimasukkan dalam alat khusus pembuat es, alat kemudian diputar sampai membeku. Es krim pun siap dinikmati. Di beberapa tempat yang menjualnya, biji durian turut dimasukkan ke dalam wadah saat penyajiannya.

Ketan Durian

      Ketan durian merupakan olahan durian unik khas Padang. Hidangan yang pas sebagai dessert ini terbuat dari ketan kukus yang dimasak dengan santan, lalu disiram denga kuah durian saat menyajikannya.

Pancake Durian