Membuat Tepung Biji Durian

By dedeayu, Kamis, 10 Maret 2016 | 17:00 WIB
Membuat Tepung Biji Durian (dedeayu)

       SajianSedap.com – Musim durian yang berlimpah banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai olahan yang lezat, termasuk bijinya. Biji durian bisa diolah menjadi tepung yang dapat menggantikan posisi tepung terigu, walaupun tidak secara keseluruhan. Tepung biji durian ini mengandung protein, karbohidrat, kalsium dan fosfor. Kue-kue kering, cake, keripik, dan berbagai camilan lainnya bisa dibuat dari tepung biji durian. Berikut proses pembuatan tepung biji durian.

Pencucian

      Tahap pertama adalah pencucian. Mencuci biji buah durian ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran atau sisa dari daging buah durian, agar tepung yang dihasilkan tidak terkontaminasi dengan bahan yang lain.

Perebusan

      Proses ini dilakukan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit daalam air mendidih. Selain untuk meghilangkan kotoran pada biji, tahap perebusan juga dilakukan untuk mengempukkan kulit biji durian yang nantinya dibuang.

Pengupasan

      Setelah direbus dan ditiriskan, biji buah durian ini selanjutnya melewati tahap pengupasan kulit. Ambil bagian biji yang berwarna putihnya saja.

Pengirisan

      Tahap selanjutnya adalah mengiris bagian biji yang berwarna putih. Pengirisan ini dilakukan dengan tingkat ketebalan 2-3 mm. Tingkat ketebalan diusahakan sama agar memudahkan pada tahap pengeringan nantinya. Lakukan dengan hati-hati karena biji buah durian licin dan berlendir.

Pencucian Tahap Kedua

      Pencucian pada tahap ini adalah untuk mengurangi atau menghilangkan lendir yang ada di dalam biji durian. Untuk membantu mengurangi lendirnya, garam dapat ditambahkan. Aduk-aduk sampai keluar buihnya dan usahakan mencuci di bawah air mengalir agar lendir larut.

Penirisan