Ragam Sarapan di Nusantara

By dedeayu, Jumat, 11 Maret 2016 | 17:00 WIB
Ragam Sarapan di Nusantara (dedeayu)

      SajianSedap.com – Ragam sarapan di nusantara tidak terhitung jumlahnya. Anda dapat menikmatinya bergantian setiap hari, agar tidak bosan. Yuk, berkenalan dengan ragam sarapan di nusantara.

Nasi Pecel

      Di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur makan pagi dengan menu nasi pecel sudah sangat membudaya. Nasi putih yang dilengkapi dengan sayuran rebus dan disiram dengan bumbu kacang ini biasa dilengkapi dengan peyek, tahu atau tempe bacem, serta mi goreng atau bihun goreng. Ada pula yang menikmatinya dengan telur mata sapi atau telur ceplok.

Bubur Lemu

       Solo adalah tempat dimana bubur lemu bisa dijumpai. Bubur nasi yang dimasak dengan santan dan daun salam ini memiliki rasa yang gurih. Sayur sambel goreng krecek (kerupuk sayur), tahu, serta opor ayam, melengkapi penyajiannya. Biasanya dinikmati dengan sendok dari daun pisang atau “suru”.

Nasi Gudeg

       Anda tentu langsung dapat menebak dari mana asal sajian yang satu ini. Iya, Yogya adalah tempat di mana Anda bisa menemukannya. Nasi putih yang dilengkapi dengan sayur nangka tanpa kuah ini lebih nikmat dengan sambal goreng krecek dan kacang tolo. Pilihan lauk seperti ayam atau telur pindang pasti tersedia menjadi pelengkap yang setia.

Nasi Brongkos

       Nasi brongkos adalah sajian khas untuk sarapan dari kota Demak dan Yogya. Nasi putih yang dinikmati dengan sayur berkuah gelap dari kluwek. Isi sayur beraneka ragam mulai dari kacang tolo, kulit melinjo, potongan kentang, tahu, sampai potongan daging atau koyor, yaitu bagian lemak sapi. 

Nasi Soto

       Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki sajian soto, hanya saja kadang penyebutannya berbeda walaupun maknanya sama. Ada yang menyebut sauto, taoto, atau coto. Sarapan berupa semangkuk hidangan berkuah biasanya diisi dengan taoge atau kecambah, soun, telur rebus suwiran daging ayam atau irisan daging sapi yang ditaburi dengan bawang goreng dan irisan daun seledri untuk menemani sepiring nasi putih hangat.

Nasi Uduk