Lezatnya Makanan Khas Vietnam

By nisa, Sabtu, 21 Mei 2016 | 17:00 WIB
Lezatnya Makanan Khas Vietnam (nisa)

      SajianSedap.com - Makanan khas Vietnam memiliki perpaduan rasa pedas, asam, pahit, asam, dan manis. Paduan rasa tersebut melambangkan logam, kayu, api, air, dan bumi.

Banh Cun 

      Lembaran tipis yang dibuat dari rice cake dikukus dan disajikan dengan bawang merah goreng, cincangan mentimun, robekan selada romaine, tauge, irisan sosis babi, cincangan udang, daun bawang, daging sapi, dan saus ikan. 

Banh Mi 

      Makanan ini sebenarnya adalah sandwich, dibuat dari roti Baguette yang dilapis dengan daging perut babi, fish cake, bakso, acar wortel, dan lobak.

Banh Xeo 

      Banch xeo adalah pancake berisi udang, daging babi, tauge, dan telur yang digoreng, lalu dibungkus sayuran dan kertas nasi. Sebelum dikonsumsi, banh xeo biasanya dicelupkan ke dalam saus pedas terlebih dahulu.

Banh Cam/ Banh Ran

      Bahn cam/ bahn ran dibuat dari bola-bola ketan yang dilapisi dengan wijen dan digoreng hingga keemasan. Makanan ini renyah di luar namun kenyal di bagian dalam. Bahn cam/ bahn ran biasanya diisi dengan pasta kacang hijau.

Bahn Chung/ Bahn Tet 

      Banh chung/ banh tet seringkali ditemukan saat perayaan tahun baru Vietnam, dibuat dari kue ketan dibungkus daun pisang dan diisi pasta kacang hijau atau pasta kacang merah. 

Bun Cha