Makanan yang Harus Ada Selama Ramadhan

By nisa, Rabu, 8 Juni 2016 | 17:00 WIB
Makanan yang Harus Ada Selama Ramadhan (nisa)

      SajianSedap.com – Berikut ada beberapa makanan yang harus ada selama Ramadhan.

Beras Merah

      Beras merah mengandung lebih banyak zat gizi dibanding jenis beras lainnya. Beras merah mengandung vitamin B yang diperlukan untuk memproduksi energi, dan juga sebagai sumber serat yang baik. Selain itu, beras merah juga tinggi mineral, terutama selenium, magnesium, dan mangan. Beras merah juga rendah GI (Glikemiks Indeks) yakni 55, yang tidak menyebabkan gula darah meningkat saat mengonsumsinya.

Buah-buahan

      Buah-buahan mengandung tinggi serat dan enzim, sehingga membuat Anda terhidrasi, membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan juga dapat menyegarkan tubuh. Tapi, berhati-hatilah memilih buah. Jangan pilih buah yang tinggi gula seperti mangga, anggur, leci, dan durian.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

      Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung sejumlah nutrisi yang menyehatkan tubuh. Mengonsumsi 100 gr kacang-kacangan dan biji-bijian sehari dapat mengurangi peradangan dan kandungan seratnya dapat mengenyangkan, serta kandungan protein dan mineralnya dapat meningkatkan imun. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa akan membantu tubuh Anda tetap sehat dan berenergi.

Kurma

      Kurma adalah sumber vitamin, mineral, energi, gula, dan serat yang baik untuk tubuh. Dengan kandungan seratnya membuat orang yang mengonsumsinya saat berbuka tidak akan terlalu terburu-buru untuk menyantap makan besar, karena kurma cukup untuk mengganjal perut. Ada beragam jenis kurma yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi. Kurma juga baik untuk perlindungan terhadap penyakit jantung, dan dapat dikonsumsi saat sahur maupun berbuka.

Sayuran Hijau

      Sayuran hijau kaya dengan vitamin, mineral, dan serat. Mengonsumsi sayuran hijau saat berbuka akan menyegarkan dan menenangkan perut setelah seharian berpuasa.

Sayuran Akar