Hidangan Jeroan dari Mancanegara

By dina, Minggu, 18 September 2016 | 17:00 WIB
Hidangan Jeroan dari Mancanegara (dina)

      SajianSedap.com – Tahukan Anda kalau ada banyak jenis hidangan jeroan dari mancanegara? Tidak hanya di Indonesia bagian tubuh hewan ini dikonsumsi. Walau banyak yang menganggapnya kotor, ternyata jeroan juga dinikmati di seluruh dunia.

Berikut ini adalah berbagai hidangan jeroan dari mancanegara.

Haggis (Inggris)

      Haggis adalah sejenis puding gurih yang berasal dari Inggris. Hidangan ini terbuat dari jantung, hati, dan paru kambing yang digiling. Jeroan tersebut kemudian dimasak bersama bawang bombay, havermut, lemak hewan, rempah-rempah, garam, dan kaldu daging. Setelah dimasak, jeroan giling dikemas di usus hewan.

Kata-Kat (Pakistan)

      Kata-kat adalah hidangan asal Karachi yang terbuat dari campuran berbagai organ sapi seperti paru, hati, jantung, ginjal, otak, dan testikel. Campuran jeroan kemudian dimasak bersama daging dan mentega. Hidangan ini dinamai berdasarkan bunyi pisau saat mencincang daging.

Menudo (Meksiko)

      Menudo adalah sup asal Meksiko yang terbuat dari babat, kaldu sapi, dan cabai merah. Hidangan ini dibumbui dengan jeruk nipis, bawang bombay, daun ketumbar, dan oregano. Karena menu jeroan ini begitu disukai di tempat asalnya, Meksiko kerap menjadi tujuan ekspor babat negara tetangganya seperti Amerika dan Kanada.

Pate (Perancis)

      Walau pate kini banyak dimakan di berbagai negara Eropa Barat, versi yang paling terkenal berasal dari Perancis. Pate terbuat dari campuran daging atau jeroan hewan, lemak hewan, serta bahan-bahan lain seperti sayuran dan bumbu yang dihaluskan menjadi pasta olesan. Pate yang paling terkenal terbuat dari foie gras atau hati angsa yang telah digemukkan.

Lampredotto (Italia)