Cara Mengolah Avokad Jadi Camilan Lezat

By dina, Kamis, 22 September 2016 | 17:00 WIB
Cara Mengolah Avokad Jadi Camilan Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Selain dimakan langsung, ada berbagai cara mengolah avokad menjadi berbagai hidangan yang lezat. Avokad, buah berkalori tinggi yang digadang-gadang memiliki khasiat segudang, juga memiliki rasa yang lezat. Teksturnya juga lembut dan creamy.

      Inilah berbagai alternatif dalam mengolah avokad.

Guacamole

      Guacamole adalah saus celup khas Meksiko yang terbuat dari avokad, tomat, bawang, dan air jeruk lemon. Saus ini paling pas disandingkan dengan keripik tortilla. Tidak jarang juga ia menjadi pelengkap berbagai hidangan Meksiko. Untuk camilan yang lebih sehat, sajikan guacamole dengan sayuran yang dipotong-potong panjang.

Olesan Roti

      Biasa makan roti dengan mentega atau margarin? Gantikan saja dengan buah ini. Avokad memiliki tekstur lembut mirip mentega dan margarin. Namun, jenis lemaknya lebih sehat.

Chocolate Mousse

      Alpukat bisa menjadi alternatif pengganti krim dalam hidangan chocolate mousse yang memiliki rasa yang kaya serta tekstur yang lembut. Campurkan daging avokad, cokelat leleh, madu atau susu kental manis, serta sedikit garam, dan haluskan di food processor hingga menjadi mousse. Tentu camilan ini lebih sehat daripada mousse yang terbuat dari krim.

Avokad dan Telur

      Ini adalah sarapan tinggi protein yang pas untuk memulai hari. Belah avokad menjadi dua, lalu pecahkan telur ke dalam avokad. Taburi dengan garam dan lada, lalu panggang di oven hingga telur matang. Pasti hari kita dimulai dengan energi lebih.

Salad

      Potong-potong dadu avokad, lalu campurkan ke salad. Tips membuat salad dengan avokad adalah memadukannya dengan berbagai selada yang renyah agar teksturnya kontras. Lalu, padukan dengan saus vinaigrette dari minyak zaitun dan cuka. Dalam salad, avokad masuk paling terakhir sebagai taburan setelah sayur lainnya diaduk dengan saus. Ini bertujuan agar avokad tidak hancur.