Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh

By dina, Kamis, 22 September 2016 | 17:00 WIB
Makanan dan Minuman Penghangat Tubuh (dina)

      SajianSedap.com – Berbagai makanan dan minuman penghangat tubuh sangat cocok disajikan di cuaca yang tidak menentu ini. Makanan dan minuman ini secara alami meningkatkan panas tubuh sehingga  menjadi lebih hangat. Berikut ini adalah berbagai jenis makanan dan minuman tersebut.Kopi

      Kopi mengandung kafein yang bersifat termogenik yang berarti membantu meningkatkan metabolisme sehingga menstimulasi pelepasan asam lemak dari jaringan lemak tubuh. Hal ini akan menaikkan suhu badan.

Havermut

      Semangkuk havermut hangat cocok dinikmati di saat musim dingin. Havermut merupakan whole grain (biji-bijian utuh) sehingga mengandung serat dan protein yang tinggi. Dengan perut yang kenyang lebih lama, tubuh pun terasa hangat.

Kacang

      Kacang tinggi vitamin B3 yang melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kedua hal ini akan membantu meningkatkan suhu tubuh. Dengan lemak sehat dan protein yang tinggi, kacang menjadi camilan yang sehat untuk memerangi udara dingin.

Daging Rendah Lemak

      Jika tangan dan kaki kita sering terasa dingin, kemungkinan kita kekurangan zat besi. Banyak sayuran dan biji-bijian yang tinggi zat besi, namun zat ini lebih mudah didapatkan dari daging. Pilihlah daging rendah lemak agar lebih sehat.

Jahe

      Jahe meningkatkan proses termogenik dalam tubuh sehingga menghangatkan tubuh. Di sisi lain, jahe juga menekan nafsu makan. Bahan ini pun menghangatkan perut dan menghilangkan mual. Tambahkan jahe sebagai bumbu di berbagai hidangan. Jahe juga enak untuk diseduh dan dijadikan teh.

Minyak Kelapa