Wild Salmon, Apa Bedanya dengan Salmon Biasa?

By dina, Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB
Wild Salmon, Apa Bedanya dengan Salmon Biasa? (dina)

SajianSedap.com – Pernahkah mendengar istilah wild salmon pada ikan salmon yang kita lihat di pasaran?

Salmon ini merupakan salmon yang tidak diternakkan, namun langsung ditangkap di perairan luas.

Harganya juga cenderung mahal dibandingkan dengan salmon biasa. Namun, apakah sebenarnya perbedaan antara wild salmon dan salmon biasa?

Dilansir dari Prevention, per setengah fillet wild salmon memiliki kalori yang lebih rendah 32 persen dibandingkan salmon biasa, yaitu 281 kalori dibanding 412 kalori.

Jumlah lemak salmon biasa juga dua kali lipat dari jumlah lemak di wild salmon.

Namun, kadar proteinnya hampir sama besar walau salmon biakan lebih tinggi, yaitu 78 FDA untuk protein di wild salmon dan 80 FDA untuk protein di salmon biasa.

Wild salmon memiliki kadar kalsium yang lebih tinggi dari salmon biasa, yaitu 2,4 persen. Sementara itu, salmon biasa memiliki kadar kalsium 1,8%.

Kandungan zat besi wild salmon juga lebih tinggi dari salmon biasa, yaitu 9%. Di sisi lain, salmon biasa memiliki 4% kandungan zat besi.

Baca Juga: Apa Itu Salmon? Ikan Murah Meriah Ini Justru Punya Segudang Manfaat, Salah Satunya Mencegah Kanker!

Wild salmon lebih banyak memiliki kandungan potasium dari salmon biasa. Ia juga lebih banyak memiliki kandungan zat seng.

Salmon biasa, di sisi lain, memiliki kadar fosfor yang lebih tinggi dibandingkan wild salmon.

Namun, tingginya kadar fosfor bukan berarti kalau salmon biasa lebih baik daripada wild salmon. Bisa jadi, fosfor yang dilepaskan pula oleh salmon biasa tersebut mencemari lautan.