Melawan Penyakit dengan Buah Tropis

By dina, Minggu, 23 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Melawan Penyakit dengan Buah Tropis (dina)

       SajianSedap.com – Sudah jadi rahasia umum bahwa buah tropis bisa melawan penyakit. Berbagai kandungan dalam buah tropis baik dan amat menyehatkan bagi tubuh. Karena buah tropis umumnya memiliki rasa manis, mereka kerap mendapatkan reputasi sebagai buah yang tinggi kandungan gulanya. Padahal, nanas memiliki kandungan gula yang lebih rendah daripada apel. Pisang juga lebih rendah indeks glikemiknya daripada ubi rambat.

       Berikut ini adalah berbagai buah tropis yang ketika rutin dikonsumsi, bisa melawan berbagai penyakit.

Kelapa

      Air kelapa penuh dengan elektrolit. Ia juga steril dan baik untuk keseimbangan pH serta fungsi otot. Daging kelapa tinggi akan serat sehingga dapat mengenyangkan perut lebih lama. Virgin coconut oil alias minyak kelapa yang tidak diproses mengandung asam lemak yang dapat meningkatkan imun tubuh. Ia juga meningkatkan metabolisme.

Nanas

       Nanas merupakan buah yang memiliki khasiat anti-inflamasi. Ia baik untuk kesehatan kulit, pencernaan, memiliki khasiat detoksifikasi, meningkatkan kesehatan limfa, dan meningkatkan imun tubuh. Buah ini juga cocok dikonsumsi sehabis berolahraga karena dapat mengembalikan energi kita. Kandungan gulanya hanya setengah dari apel, namun kandungan seratnya sama.

Kiwi

       Buah kiwi mengandung khasiat anti-inflamasi. Ia juga tinggi akan vitamin, terutama vitamin C dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Jika peduli dengan kecantikan, memakan buah ini sebagai camilan merupakan pilihan yang tepat. Buah kiwi juga juga kaya akan tembaga, mineral yang  dapat menurunkan tekanan darah.

Avokad

      Avokad memiliki berbagai manfaat kesehatan. Menurut sebuah riset di Jepang, avokad dapat melindungi kesehatan hati kita. Ia tinggi akan lemak baik yaitu lemak tak jenuh tunggal yang dapat dengan mudah dibakar menjadi energi. Kandungan potasiumnya juga dua kali lipat lebih banyak daripada pisang. Avokad pun dapat melindungi jantung dan berkhasiat anti inflamasi.

Mangga

      Mangga tinggi serat sehingga baik untuk pencernaan. Ia juga mengandung vitamin C dan beta-karoten yang tinggi. Dengan memakan buah mangga, kita sudah memenuhi setengah kebutuhan vitamin A dan C kita per hari. Ia juga memiliki khasiat anti-inflamasi. Akan tetapi, kalorinya cukup tinggi. 100 gram buah mangga saja mengandung 75 kalori.