Yuk, Buat Putu Mayang Tanpa Saus untuk Sarapan

By dina, Kamis, 1 Desember 2016 | 17:00 WIB
Yuk, Buat Putu Mayang Tanpa Saus untuk Sarapan (dina)

      SajianSedap.com – Putu mayang tanpa saus merupakan salah satu alternatif sarapan yang enak dan mengenyangkan. Tidak hanya itu, rasa dan penampilannya juga menarik. Putu mayang tanpa saus ini memiliki rasa yang manis dan gurih karena tidak disajikan bersama saus. Untuk membuatnya jadi lebih menarik inilah kita menerapkan beberapa trik.

      Inilah hal-hal yang harus kita terapkan jika ingin membuat putu mayang tanpa saus yang enak.

Syarat Putu Mayang yang Sukses

       Untuk menghasilkan putu mayang yang seperti ini, kita harus menggunakan campuran tepung beras dan tepung sagu yang tepat. Umumnya, perbandingan antara tepung beras dan tepung sagu adalah 3:1. Namun, ini bergantung kepada bahan-bahan lain yang kita gunakan.

Menciptakan Putu Mayang Tanpa Saus yang Beragam

      Untuk menciptakan putu mayang yang beragam, kita bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

Pengganti Saus

      Jika tetap ingin putu mayang yang terlihat semarak walau tidak menggunakan saus, kita bisa menggunakan kelapa parut kukus.

Agar Lebih Gurih Rasanya

      Santan adalah kunci rasa gurih makanan ini. Adonan putu mayang bisa merupakan campuran air dan santan atau santan saja, namun jangan terlalu kental.

Cetakan untuk Putu Mayang

      Cetakan untuk putu mayang biasanya terdiri dari dua bagian. Satu bagian berupa tabung untuk menyimpan adonan dengan bagian bawah yang berlubang-lubang. Satu bagian lagi adalah alat penekan. Ketika adonan ditekan, adonan akan keluar dari lubang berbentuk mi. Kita bisa membentuk putu mayang bulat atau persegi.