Mengolah Singkong untuk Membuat Combro nan Legit

By dina, Jumat, 17 Februari 2017 | 10:57 WIB
Mengolah Singkong untuk Membuat Combro nan Legit (dina)

       SajianSedap.com – Mari belajar cara mengolah singkong untuk membuat combro. Combro adalah penganan dari singkong yang diisi dengan adonan oncom. Kelezatan kulit combro bergantung pada pilihan singkong, keempukan adonan kulit, dan kelezatan racikan oncomnya.

Memilih Singkong

       Singkong yang enak adalah singkong mentega. Pilih singkong yang tidak kering kulitnya. Saat membelinya di pasar, keruk sedikit kulitnya dengan jari Anda. Singkong harus terlihat putih. Bila membeli di pasar, minta penjual mengiris ujungnya agak tipis. Jika warnanya kebiruan, hindari agar tidak keracunan.

Baca juga: Resep Combro Pedas Ayam

Mengupas Singkong

       Cara mengupas singkong adalah dengan memotong-motongnya terlebih dahulu kemudian mengiris kulitnya lurus. Lalu, kupas melingkar seperti gambar. Cuci dahulu singkong sebelum dikupas agar tanah tidak ikut mengotori singkongnya.

Memarut Singkong

       Untuk membuat combro, singkong diparut menggunakan parutan kelapa agar menghasilkan parutan singkong yang tidak terlalu halus atau kasar. Di hasil parutannya, akan keluar air dari singkong. Di dalam air tersebut terkandung pati singkong yang membuat combro Anda keras. Oleh karena itulah banyak orang membuat airnya. Namun, hal ini akan membuat combro kehilangan kelembabannya. Cara yang tepat adalah dengan tidak membuat air singkong namun tambahkan sedikit kentang kukus yang dilumatkan.

Baca juga: Resep Combro Isi ala Pizza

Mengempukkan Combro

       Agar kulit combro legit namun tidak mengeras saat sudah dingin, maka tambahkan kentang kukus yang sudah dilumatkan. Untuk satu kilogram singkong, tambahkan satu kentang ukuran sedang. Namun, kentang tetap harus sedikit agar combro tidak terlalu lembut dan patah.

Menambahkan Kelapa dalam Singkong