Trik Membuat Roti Manis Wangi nan Kaya Rasa

By dina, Selasa, 14 November 2017 | 05:34 WIB
Trik Membuat Roti Manis Wangi nan Kaya Rasa (dina)

SajianSedap.com – Ada trik yang bisa kita ikuti dalam membuat roti manis agar wangi dan kaya rasanya. Kuncinya adalah bahan aromatik yang jenis dan jumlahnya tepat.

Bahan aromatik bisa dipilih yang alami atau buatan. Gabungan keduanya juga boleh. Bahan aromatik alami antara lain cokelat, pandan, vanilla, kopi, atau teh hijau. Kita bisa menggantinya dengan aroma buatan berupa esens atau pasta. Bahan-bahan ini ditambahkan langsung ke dalam adonan roti saat pengadonan.

Perlukan Roti Diisi?

Roti yang beraroma bisa dijadikan roti tawar dapat juga roti manis berisi. Roti tawar tentu tak perlu diisi karena biasanya akan dimakan dengan bahan lainnya setelah matang. Tetapi roti manis tentu bisa saja kalau mau diisi. Sebetulnya tanpa diberi isi pun, roti manis yang diberi aroma sudah enak.

Baca Juga: Apa Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti? Ternyata Begini Bedanya dan Penggunaannya untuk Masakan 

Kalau ingin diberi isi, sebaiknya isi roti tidak lagi diberi aroma yang menyengat supaya rasa roti dengan isinya tidak bercampur-baur. Dalam hal ini aroma rotilah yang harus lebih menonjol. Untuk memberi variasi pada roti, roti dapat diberi taburan atau dicampur saja dengan aneka buah kering.

Isi roti tergantung dari aroma yang ditambahkan pada roti. Misal, untuk aroma cokelat, kopi, pandan, atau vanilla, rasa isi tentu saja harus manis atau berupa buah-buahan.

Berapa Jumlah Bahan Aromatik yang Bisa Kita Tambahkan?

Jumlah bahan aromatik yang bisa Anda tambahkan bergantung pada selera Anda dan jenis bahan. Batasi penggunaan bahan aromatik yang agak pahit rasanya. Begitu juga dengan aromatik yang cair atau yang mengandung air. Jumlahnya harus sesuai dengan resep. Misalnya, air pandan.

Untuk aroma berupa bubuk yang tidak pahit, Anda bisa menambahkannya sesuai selera. Hati-hati dengan teh hijau karena cenderung pahit. Gunakan teh hijau impor berkualitas hingga bisa disesuaikan jumlahnya.

Aromatik yang mengandung air atau yang agak pahit dapat disiasati dengan menggunakan aromatik buatan yang tidak pahit atau yang bubuk atau sudah dikeringkan. Dengan begitu jumlah airnya bisa dikurangi. Satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah apakah aromatik tersebut akan menguap kalau dipanaskan. Bila ya, maka harus dicarikan gantinya. Misalnya dengan yang bubuk atau buatan. Bila tidak, penambahan aroma akan sia-sia saja.

Itulah trik dalam membuat roti manis nan harum dan kaya rasa. Siapkah Anda untuk mencoba membuatnya di rumah? Jika masih bingung, tengok saja aneka resep di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba.

Baca Juga: 3 Camilan Serba Roti yang Gampang Dibuat, Seenak Buatan Toko Roti Langganan