Agar Sukses Membuat Rendang Ayam, Ini Dia Triknya

By dina, Jumat, 10 Maret 2017 | 04:03 WIB
Agar Sukses Membuat Rendang Ayam, Ini Dia Trik Jitunya (dina)

       SajianSedap.com – Jika sedang senggang, yuk, sesekali membuat rendang ayam sebagai pilihan lauk tradisional. Rendang ayam adalah masakan Sumatera Barat yang dibuat dari berbagai bumbu dan santan. Proses memasaknya cukup lama. Dahulu kala, rendang ayam biasanya dimasak di atas kayu bakar karena pemanasan dengan kayu bakar dianggap pas untuk mematangkan rendang hingga jadi rendang yang enak. Namun, seiring perkembangan zaman,  tentu kini sudah tidak dilakukan lagi.

       Agar sukses membuat rendang ayam, ada trik tersendiri. Yuk, kita simak satu per satu.

Pilihan Ayam

      Dalam membuat rendang ayam, kita bisa menggunakan ayam kampung atau ayam negeri. Menggunakan ayam kampung lebih baik karena waktu memasak lama hingga ayam tidak hancur. Sementara itu, ayam negeri cepat empuk sehingga ketika dimasak api harus kecil betul. Solusi lainnya adalah mengeluarkan ayam ketika sudah empuk. Masak santan tanpa ayam sampai kering. Ketika santan sudah kering, masukkan kembali ayam dan aduk sampai ayam terbalut bumbu.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Bumbu Rendang

Potongan Ayam

       Ukuran ideal ayam adalah satu ekor ayam dibagi 8-12 potong tergantung besar ayam. Selain daging ayamnya, jeroan ayam juga bisa dibuat rendang.

Penggunaan Santan

      Soal santan, untuk memasak rendang kita membutuhkan santan encer dan santan kental. Santan encer digunakan di proses awal memasak supaya santan tidak pecah. Sementara itu santan kenal dimasukkan terakhir.

      Untuk 1 kilogram daging, minimal digunakan 2-3 butir kelapa tergantung dari rasa gurih yang dikehendaki atau jumlah bumbu rendah yang hendak dihasilkan. Makin banyak bumbu yang diinginkan, makin banyak kelapa yang harus disediakan.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Bumbu Rendang

Membuat Rendang yang Juicy