Mari Simak Aneka Manfaat Daun Mangkokan

By dina, Selasa, 14 Maret 2017 | 12:19 WIB
Mari Simak Aneka Manfaat Daun Mangkokan (dina)

      SajianSedap.com – Mari simak segudang manfaat daun mangkokan mulai dari rempah dapur hingga khasiat penyembuhannya. Sebenarnya, tanaman ini tumbuh liar dan kadang dijumpai di tepi-tepi sawah. Namun, entah sejak kapan, mangkokan mulai dimanfaatkan. Bisa dipakai sebagai pagar tanaman hidup, tanaman hias, bumbu dapur sampai bahan pengobatan alternatif.

       Daun mangkokan muda enak dimakan dan punya aroma khas mirip kenikir. Daun muda ini terutama dipakai sebagai lalapan bersama sambal. Berbagai masakan tak luput memanfaatkan daun mangkokan. Misalnya saja, gulai otak, gulai ikan, bakwan cumi, dan berbagai masakan ayam. Daun mangkokan juga lezat diolah menjadi campuran urap, campuran pepes, pecel, bahkan bisa dibuat rempeyek.

       Tidak hanya sebagai bumbu, daun mangkokan juga punya berbagai manfaat kesehatan, lho. Soalnya, daun mangkokan mengandung zat-zat seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. Lebih rinci lagi, daun tersebut memiliki kandungan alkalodia, saponin, flavonoida, dan polifenol. Ini dia khasiat praktis daun mangkokan untuk kesehatan.

Baca juga: Resep Ikan Gulai Daun Mangkokan

Penyubur Rambut

       Sediakan beberapa daun mangkokan tua yang segar, dicuci bersih dan digiling sampai halus. Berilah minyak kelapa sembari diaduk sampai merata. Selanjutnya saring dan peras. Oleskan hasil perasan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat ringan. Biarkan beberapa waktu sampai mengering. Setelah kering, rambut dicuci hingga bersih. Rajin-rajinlah mempraktekannya, niscaya rambut tidak rontok lagi, bahkan menjadi subur.

Menyembuhkan Luka

       Ambil secukupnya daun mangkokan segar, lalu dicuci bersih, selanjutnya digiling halus. Hasil gilingan halus itu ditaruh di atas luka, lalu dibalut. Dalam sehari bisa diganti 2-3 kali.

Melancarkan Buang Air Kecil

       Ambil beberapa daun mangkokan tua yang masih segar. Sediakan air panas, lalu rendam daun beberapa saat. Setelah itu, diambil dan biarkan sebentar sampai terasa hangat. Lantas kompreskan pada perut bagian bawah.

Baca juga: Resep Ayam Masak Daun Mangkokan

Menyembuhkan Radang Payudara