Mengobati Sembelit dengan Lidah Buaya

By dina, Jumat, 17 Maret 2017 | 09:40 WIB
Mengobati Sembelit dengan Lidah Buaya (dina)

       SajianSedap.com – Yuk, coba mengobati sembelit dengan lidah buaya. Ternyata berdasarkan penelitian, lidah buaya memiliki 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari vitamin B dan C, hingga berbagai mineral. Contohnya adalah kalsium, kalium, fosfor, magnesium, hingga sodium.

       Awalnya, lidah buaya dikenal hanya karena manfaatnya untuk menyuburkan rambut. Sejak tahun 90-an, barulah penggunaannya bergeser. Tak lagi hanya pada masalah kecantikan, namun juga untuk kesehatan. Yang digunakan adalah daging dalam daunnya.

Baca juga: Resep Pome Punch Lidah Buaya

       Berbagai kandungan yang telah disebutkan tadilah yang membuat lidah buaya multi manfaat. Misalnya adalah manfaat antiradang, antiseptik, antivirus, hingga meningkatkan imunitas tubuh. Satu lagi fungsi lidah buaya adalah melancarkan pencernaan. Anda yang sembelit, jangan ragu mengkonsumsi tanaman ini.

       Zat utama pencegah sembelit dalam lidah buaya adalah senyawa polisakarida yang akan bekerja sama dengan enzim pencernaan hingga bisa memecah protein. Jangan dilupakan pula kandungan airnya yang 96 persen. Tentu kadar air yang tinggi bisa melancarkan buang air besar.

       Untuk mengobati gangguan sembelit, padukan lidah buaya dengan buah lain yang sama andalnya untuk melancarkan buang air besar. Misalnya adalah pepaya atau nanas. Paduan ini bisa dibuat minuman seperti jus, misalnya, es campur, atau dalam bentuk lainnya.

Baca juga: Resep Es Lidah Buaya

       Bagian lidah buaya yang bisa diambil utuk diolah adalah bagian daging buahnya. Sedangkan, jenis lidah buaya yang paling cocok adalah lidah buaya Kalimantan yang panjang dan berdaging tebal. Cara mengolahnya, kupas dulu kulitnya lalu ambil daging buahnya. Setelah itu, lidah buaya harus direbus lebih dahulu.

      Nah, mari mengobati sembeli dengan daging tanaman lidah buaya yang luar biasa khasiatnya ini. Jika Anda merasa sulit untuk memprosesnya, tenang saja. Di supermarket, terdapat lidah buaya yang sudah siap dikonsumsi dan diolah. Tentu akan lebih praktis. Selamat mencoba. (MF)

FOTO: DOK. DERMATOCARE

Baca juga:

Ingin Weekend Seru? Datangi 3 Kafe Unik di Jakarta Ini

Resep Puding Lidah Buaya

Aneka Manfaat Serai yang Bikin Anda Kepingin Menanamnya di Rumah