Dengan Tambahan Lemon, 8 Olahan Ini Jadi Penuh Cita Rasa

By Virny Apriliyanty, Selasa, 21 Maret 2017 | 10:36 WIB
Hanya Dengan Tambahan Lemon, 8 Olahan Ini Jadi Penuh Citarasa (Virny Apriliyanty)

SajainSedap.com - Lemon sudah sejak dulu dijadikan bahan tambahan dalam makanan. Yang jadi andalan adalah aromanya yang segar dan rasanya yang asam. Keduanya dapat membuat masakan jadi makin sedap dan segar jika dikreasikan dengan benar.

      Buah satu ini selalu sedap dicampurkan dalam minuman atau dimasukkan pada bahan makanan. Bukan hanya daging dan airnya, bahkan kulit lemon juga banyak menjadi campuran adonan kue untuk memberi aroma segar.  Pada pai susu, kulit lemon juga dipakai untuk menghilangkan rasa amis dari adonan isi yang menggunakan banyak telur. Kegunaan lemon tidak berhenti sampai disitu saja, yuk kita simak lengkapnya di bawah ini, 

1. Sup

      Lemon bisa ditambahkan untuk aneka jenis sup seperti sup ayam dan ikan. Rasa sup akan jadi sangat segar. Apalagi jika ditambahkan dengan daun kemangi yang aromatik. 

2. Saus

      Saus lemon adalah salah satu jenis saus yang tenar sepanjang masa. Rasanya dominan asam dengan sedikit rasa manis. Aromanya yang segar sangat cocok dipadukan dengan aneka gorengan bertepung seperti ikan atau juga ayam. Rasa segar saus lemon juga akan mengurangi rasa berlemak yang dimiliki daging goreng tepung sehingga makan jadi makin nikmat.

Baca juga: Empat Langkah Memasak Cumi Saus Lemon Mayo nan Segar

3. Sambal

      Jika biasa sambal memakai jeruk nipis atau limo, mengapa tidak dikreasikan dengan jeruk lemon? Sambal juga bisa dibuat dari campuran saus sambal, bawang putih, dan ebi yang ditambah perasan air jeruk lemon. 

4. Masakan asam manis

      Jadikan lemon pengganti cuka dalam saus asam manis yang biasa kita buat di rumah. Pasti rasanya lebih segar dan harum menemani ayam atau ikan asam manis favorit keluarga.

Baca juga: Tiga Langkah Memasak Ayam Tumis Asam Manis ala Restoran Oriental