Tips Membuat Kue Talam yang Bervariasi dan Tidak Itu-Itu Saja

By dina, Jumat, 21 Juli 2017 | 04:41 WIB
Tips Membuat Kue Talam yang Bervariasi dan Tidak Itu-Itu Saja (dina)

       SajianSedap.Grid.ID – Jika ingin membuat kue tradisional nan legit, Anda tidak boleh ketinggalan menyimak tips membuat kue talam yang manis dan gurih ini. Soalnya, kue satu ini tidak ada matinya. Apalagi jika Anda adalah penggila kue-kue tradisional.

       Jika belum tahu, talam adalah kue yang diadoni dengan santan lalu dikukus di dalam cucing-cucing kecil. Selama ini, kita mengenal kue talam manis dari ubi-ubian. Selain itu, kue talam juga ada yang berbahan tepung beras. Sayangnya, boleh dibilang masyarakat kita hanya mengenal kue talam tepung beras, kue talam ubi, dan kue talam putih yang ditabur ebi. Padahal, kita bisa membuat kue talam yang lain yang sama enaknya dengan ketiga kue talam tadi dengan variasi yang berbeda. Mari kita lihat.

Baca juga: Resep Talam Ubi

       Dalam membuat kue talam beras, biasanya ada dua lapis kue. Lapisan pertama berupa talam hijau dari pandan. Sedangkan, lapisan kedua adalah adonan gula merah. Jika ingin unik namun tidak ingin terlalu banyak usaha, talam ini bisa juga kita balik. Lapisan pertamalah yang terbuat dari gula merah sedangkan lapisan keduanya berwarna hijau.

       Apabila menginginkan tekstur dan warna tambahan, potongan buah seperti pisang, nangka, dan kelapa muda pasti membuat talam lebih menarik dan berbeda. Selain itu, lapisan kedua alias lapisan gula merah bisa kita ganti dengan adonan custard yang lembut, lho.

Baca juga: Resep Talam Singkong Keju

       Jika mengembangkan talam beras itu mudah, mengembangkan kue talam ubi lebih mudah lagi. Salah satunya adalah dengan mengganti jenis ubi. Biasanya, kue talam menggunakan talam yang oranye. Menggantinya dengan ubi ungu bisa seketika mengubah jenis kue talam. Mengganti ubi dengan singkong juga pilihan yang sangat tepat dan enak hasilnya.

       Seperti halnya kue talam beras, kita juga bisa menambahkan kelapa muda, pacar cina, bengkoang, atau selasih agar tekstur dan rasanya lebih bervariasi. Mencampur pisang yang dilumatkan dengan adonan talam ubi juga bakal dahsyat rasanya.

Baca juga: Resep Talam Ubi Ungu

       Jika pada variasi kue talam beras lapisan gula bisa diganti custard, lapisan santan pada kue talam ubi pun bisa kita variasikan. Misalnya, kue talam hanya kita buat satu lapis dari ubi. Lapisan talam santan cukup diganti dengan saus santan yang gurih dan disajikan seperti vla. Tampilannya jadi mewah dan unik. Catatannya, tentu talam yang ini harus dibuat di cetakan aluminium.

        Nah, itulah tips mudah yang bisa Anda ikuti dalam membuat kue talam dengan aneka variasi. Jika memiliki ide yang lain, jangan takut untuk mengaplikasikannya dalam resep kue talam Anda. Soalnya, kue satu ini relatif mudah dibuat dan antigagal. Yuk, segera berkreasi dan selalu sajikan kudapan terlezat yang bisa Anda buat dengan tangan sendiri. (SP)

Baca juga:

Tips Sukses Membuat Kue Talam Manis yang Legit dan Enak

Resep Talam Singkong Potong Aroma Pandan