Membuat Klepon Isi Kacang? Ide yang Oke Buat Variasi Camilan Tradisional!

By dina, Selasa, 5 September 2017 | 07:34 WIB
Membuat Klepon Isi Kacang? Ide yang Oke Buat Variasi Camilan Tradisional! (dina)

        SajianSedap.Grid.ID – Yuk, belajar membuat klepon isi kacang. Ini merupakan perpaduan antara klepon dan onde-onde yang unik rasanya. Apabila klepon biasa kita buat dengan isian gula merah, kali ini kita isi dengan kacang-kacangan.

       Isian pada klepon kacang ini bisa kita buat dari kacang merah, kacang tanah, kacang hitam, atau kacang hijau. Kacang-kacangan ini diolah dahulu jadi pasta sebelum dibuat menjadi isian kue. Untuk kacang tanah, cukup matangkan saja lalu langsung blender bersama gula.

(Baca juga: Mudahnya Membuat Umba-Umba, Klepon Khas Makassar)

      Untuk bagian luar klepon, adonan yang digunakan sama saja dengan klepon biasa yang hanya terdiri dari ketan dan santan atau air. Kita bisa membuat adonan klepon klasik berwarna hijau dengan tambahan air daun suji. Namun, Anda bisa membuatnya dengan warna lain atau tanpa warna.

      Karena diisi dengan kacang, klepon tidak dimatangkan dengan cara dikukus, melainkan dengan cara direbus. Rebuslah klepon hingga terapung. Klepon yang sudah matang lantas digulingkan di atas kelapa parut kukus agar menempel sempurna.

      Memarut kelapa sendiri ada caranya. Posisikan kelapa terbalik dari biasanya di parutan agar hasilnya kasar. Soalnya, kelapa yang halus parutannya kurang bertekstur.

(Baca juga: Resep Jitu Membuat Kue Tradisional Nagasari yang Manis dan Lembut)

      Agar klepon isi kacang makin meriah, kita bisa menambahkan aneka variasi lagi. Misalnya, tepung ketan putih bisa diganti jadi tepung ketan hitam. Kita juga bisa menambahkan buah-buahan ke adonan kulitnya.

      Selain membuat variasi pada kulitnya, kita juga bisa membuat variasi lagi pada isinya. Pasta kacang bisa dicampur dengan potongan-potongan kacang sehingga lebih bertekstur. Pun, bisa ditambahkan buah-buahan kering pada pasta kacangnya.

      Nah, itulah hal yang bisa kita perhatikan dalam membuat klepon isi kacang yang unik rasa dan teksturnya. Yuk, kita praktikkan di dapur kita. Agar lebih mahir, tengok saja aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (RED)

Baca juga:

(Tak Sampai Satu Jam Membuat Lapis Ubi Kukus yang Legit dan Istimewa Ini)

(Resep Klepon Isi Cempedak Wijen)

(Resep Klepon Ubi Isi Kismis Kayumanis)