Mengenal Diet Ketogenik yang Sedang Naik Daun

By dina, Senin, 16 April 2018 | 04:12 WIB
Mengenal Diet Ketogenik yang Sedang Naik Daun (dina)

SajianSedap.Grid.ID – Ayo, tengok serba-serbi mengenai diet ketogenik yang tengah naik daun di media sosial yang kekinian.

Selain menarik konsepnya, diet ini juga cukup kontroversial.

Bayangkan saja, diet ketogenik merupakan pola makan yang menerapkan konsumsi tinggi lemak, konsumsi protein dalam jumlah rendah sampai sedang, serta karbohidrat rendah.

Ini bertentangan dengan konsep diet biasanya yang justru menghindari lemak.

Dikutip dari kompas.com, dalam diet ketogenik, 75-90 persen kebutuhan kalori harian dipenuhi dari lemak, 6-20 persen dari protein, dan konsumsi karbohidrat tak lebih dari 5 persen.

Target diet ini adalah mencapai ketosis, kondisi di mana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama dan bukan karbohidrat.

Walau pada awalnya metode diet ini ditujukan untuk mengontrol serangan kejang pada epilepsi, kini diet ketogenik banyak diterapkan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

(Baca juga: Tiru Cara Mendapatkan Zat Besi untuk Menunjang Diet Anda)

Kelebihan utama dari diet ini adalah tidak menyebabkan kita kelaparan karena pola makannya mengharuskan kita memperbanyak lemak.

Selain itu, kondisi ketosis juga membuat nafsu makan berkurang.

Setelah tiga sampai empat hari diet ketogenik, cadangan karbohidrat yang disebut glikogen, akan berkurang dan terjadi ketosis yang memicu penurunan berat badan.

Hasilnya, secara fisik tubuh juga menjadi lebih ramping.