Ingin Membuat Camilan dari Talas dengan Rasa yang Super? Simak Dulu Tips Ini

By dina, Sabtu, 13 Mei 2017 | 09:20 WIB
Ingin Membuat Camilan dari Talas dengan Rasa yang Super, Simak Dulu Tips Ini (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Jika ingin membuat camilan talas dengan rasa yang menarik, Anda wajib tahu cara yang benarnya. Di Indonesia, talas ada yang putih (seperti talas bogor) dan ungu (seperti talas pontianak). Bukan hanya beda warna, karakteristiknya juga berbeda. Yang putih lebih lengket. Sementara yang ungu lebih mawur. Gunakanlah sesuai kebutuhan.

        Hal utama dalam yang harus kita perhatikan sebelum membuat camilan dari talas adalah mengurangi zat pemicu gatal yaitu kalsium oksalat pada talas. Kalsium oksalat ini timbul dari persenyawaan garam antara ion kalsium dan ion oksalat.

(Baca juga: Uniknya Tartlet Talas Susu Yang Lezat)

       Cara sederhana yang selama ini digunakan untuk menguranginya yaitu menggunakan garam dengan cara perendaman. Namun hal ini masih dirasakan kurang maksimal. Untuk memperoleh hasil maksimal, kita dapat merendam irisan umbi talas dalam pelarut berupa konsentrasi larutan asam khlorida 0,25% dan konsentrasi asam sitrat 0,15%. Perendaman ini dilakukan selama empat menit. Kemudian cuci bersih dan talas dapat diolah.

       Goreng atau kukus talas terlebih dahulu. Setelah itu, talas bisa kita lumatkan dan campur ke adonan kudapan. Pelumatan dilakukan dalam keadaan panas supaya bisa halus betul hasilnya.

      Talas yang sudah digoreng bisa dibuat kering talas, talas balado, atau keripik talas. Sementara itu, yang sudah dilumatkan bisa dijadikan isi cake, roti, atau bahkan dicampur langsung di dalam adonan cake atau roti. Bahkan bakpao atau mochi juga sering dicampur atau diisi dengan talas. Kalau suka kue tradisional, cobalah adoni talas dalam putu mayang atau getuk.

(baca juga: Bolu Gulung Talas Keju Ini Lezatnya Sulit Ditolak)

      Selain dicampur di adonan, kini talas sudah mulai dijadikan krim pengoles kue atau vla pengisi roti. Agar aroma talasnya keluar, biasanya masih ditambahkan esens talas. Sedang untuk memunculkan warna, digunakan pewarna ungu. Untuk talas yang memang warna ungunya sudah menonjol tentu penambahan zat pewarna tidak dibutuhkan lagi.

      Itulah cara jitu mengolah talas sebelum dibuat jadi camilan yang nikmat. Menarik, bukan? Yuk, belajar menyiapkan dan memasaknya. (SP/MF)

(Baca juga: Membuat Martabak Mini Talas Keju Ini Bisa Jadi Camilan Favorit)