Rahasia Membuat Pepes Udang untuk Santap Siang yang Lain dari yang Lain

By dina, Senin, 22 Mei 2017 | 03:14 WIB
Rahasia Membuat Pepes Udang untuk Santap Siang yang Lain dari yang Lain (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Ayo simak rahasia membuat pepes udang yang bercita rasa tinggi. Pepes ini bisa jadi alternatif lezat buat Anda yang bosan menyajikan pepes yang sudah biasa seperti pepes ikan atau pepes jamur. Namun, ada hal-hal yang wajib Anda perhatikan jika ingin membuat pepes jenis ini. Yuk, kita simak macamnya.

     Jenis udang yang digunakan untuk pepes boleh apa saja sesuai dengan selera kita. Begitu pula dengan ukurannya. Soalnya, yang akan sangat berpengaruh pada hasilnya tentulah bumbu-bumbunya.

(Baca juga: Apakah Perlu Membuang Kotoran Di Punggung Udang? Ini Jawabannya)

     Yang jelas, pilihlah udang yang masih segar dan berkualitas tinggi. Udang boleh kita kupas, boleh juga tidak. Bila kita menggunakan udang kupas, hasilnya akan sedikit keriput, tetapi makannya tidak merepotkan. Jika ingin udang yang bentuknya masih bagus, kerat saja punggungnya, tak perlu dikupas.

     Untuk bumbu pepes udang, bisa saja kita gunakan bumbu kuning pepes biasa. Namun, jangan hentikan kreativitas Anda sampai di situ. Curi saja ide bumbu tradisional masakan lainnya seperti bumbu rendang, bumbu woku, atau bumbu masak habang. Campur dengan udang dan jadikan pepes yang enak.

(Baca juga: Bakwan Sayur Udang Siap Dalam 20 Menit)

      Nantinya, pepes udang bisa kita kembangkan dengan tambahan kelapa parut, petai, jamur, atau sayuran. Pepes juga akan lebih menerbitkan selera kalau kita bubuhkan rempah aromatik seperti daun kunyit, daun jeruk, atau daun kemangi, dan bunga honje.

      Untuk penyelesaiannya, pepes bisa kita bungkus memanjang seperti pepes pada umumnya. Pepes juga boleh kita bungkus seperti tum atau takir. Pilih yang paling mudah disantap. Pepes bisa kita matangkan dengan cara dikukus, dibakar, atau dikukus dulu baru dibakar.

     Nah, mudah, bukan, membuat pepes udang dengan cara yang mudah ini? Yuk, simak aneka resepnya di website kesayangan Anda ini. Selamat mencoba. (SP)

(Baca juga: Resep Pepes Udang Bakar Honje)

(Baca juga: Resep Pepes Udang Mangga)

(Baca juga: Resep Pepes Udang Bumbu Manado)