Wajib Tahu! Ini Daftar Menu Lebaran yang Sebaiknya Tidak Disetok

By Virny Apriliyanty, Rabu, 14 Juni 2017 | 04:31 WIB
Wajib Tahu! Ini Daftar Menu Lebaran yang Sebaiknya Tidak Disetok (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com – Mencicil pekerjaan Lebaran memang biasa dilakukan. Tujuannya tentu untuk mengurangi beban kerja yang menumpuk menjelang Hari Raya. Banyak orang sudah mulai memasak H-7 sebelum Lebaran. Hasil masakannya dimasukkan ke dalam freezer dan dipanaskan kembali pada malam Takbiran. 

       Tapi ternyata, tidak semua jenis makanan Lebaran bisa disetok lho. Ada beberapa makanan wajib yang sebaiknya kita masak sehari sebelum Lebaran. Jenis makanan ini biasanya tidak akan baik jika disimpan dalam freezer terlalu lama. Apa saja daftarnya? Yuk kita simak, 

1. Sambal Goreng 

        Karena memakai kentang, kuran enak disetok.  Jadi, coba saja setok bumbunya dalam keadaan sudah ditumis plus hati yang sudah direbus. Sehingga, sehari sebelumnya kita tinggal mennggoreng kentang dan mengolahnya saja. 

2. Sayur Godog

        Sayur godog juga sebaiknya tidak disetok karena sayuran kurang enak kalau sudah ditaruh di freezer. Tekstur sayur pasti akan berubah jika sudah dibekukan. Begitu juga dengan kuah santannya yang rawan pecah dan tidak menarik lagi. Padahal sayur godog harus semupurna karena merupakan menu utama. 

(Baca juga: Agar Cake Tidak Mengempis Setelah Keluar Dari Oven, Ikuti Panduan Mudah Ini )

3. Bihun Goreng 

        Bihun goreng juga tidak bisa dipanaskan. Sebaiknya dimasak pada hari H. Tapi jika terlalu repot, panaskan bihun goreng dengan cara dikukus. Jangan diaduk diatas wajan karena bihun akan jadi hancur dan tampilannya kurang menawan. 

4. Puding 

        Puding paling lama bisa bertahan di kulkas selama 4 hari. Puding juga tidak boleh disimpan di frezzer karena akan jadi berair. Idealnya, buat puding H-3 sebelum Lebaran. 

(Baca juga: Tips Sukses Membuat Puding Lapis Cantik Untuk Hidangan Berbuka Istimewa)