Pemula Pasti Bisa Membungkus & Membuat Lontong Pulen Untuk Teman Makan Sate

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 2 September 2017 | 01:39 WIB
Pemula Pasti Bisa Membungkus & Membuat Lontong Pulen Untuk Hidangan Lebaran (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com – Tak semua orang menghadirkan ketupat saat Lebaran. Ada beberapa yang lebih memilih lontong. Keduanya sebenarnya punya tekstur dan rasa yang sama jadi saling bisa menggantikan. Keduanya juga sama-sama tak mudah dibuat dan sama-sama jadi menu wajib saat Lebaran. Bedanya, ketupat dibungkus dengan daun janur sedangkan lontong dengan daun pisang. 

      Bagi pemula, membuat lontong bisa jadi tantangan sendiri. Mulai dari cara membungkus sampai cara merebusnya. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat lontong. Mari kita simak. 

Daun Yang Digunakan

1. Gunakan daun pisang batu agar warna lontong hijau segar bukan hitam kusam. 

2. Pilih daun yang lebar dan utuh supaya membungkus jadi lebih mudah. 

3. Daun yang kecil atau sudah sobek-sobek bisa digunakan dengan cara disambung, tetapi menyulitkan pembungkusan bagi pemula.

4. Lap bagian depan dan dalam daun pisang dengan serbet basah sampai bersih betul.

5. Sebelum digunakandaun pisang harus dilayukan dulu agar tak mudah sobek. Caranya, bisa dijemur di bawah matahari tak langsung atau digarang di atas api kecil sampai warna daun berubah. Cara pertama lebih lama prosesnya, tapi warna hijau daun tetap akan bertahan. 

(Baca juga: Tak Perlu Membeli Lontong Sayur, Membuatnya Sendiri Ternyata Mudah)

Membuat Lontong

1. Lontong bisa dibuat dari beras atau dari aron yang dibuat lembek ketimbang nasi biasa. 

2. Bagi pemula, aron bisa jadi pilihan karena lebih mudah dibuat. Perbandingan beras dan air adalah 1 : 2. Artinya, jika kita menggunakan 100 gram beras, pakai 200 ml air.