Untuk Tamu Yang Bosan Ketupat, Aneka Menu Lezat Ini Bisa Jadi Pilihan

By Virny Apriliyanty, Sabtu, 24 Juni 2017 | 16:23 WIB
Untuk Tamu Yang Bosan Ketupat, Aneka Menu Lezat Ini Bisa Jadi Pilihan (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.com - Perayaan Idul Fitri seringkali tidak hanya berlangsung satu hari. Karena orang Indonesia termasuk masyarakat yang guyub, silaturahmi seringkali berlangsung terus beberapa hari atau beberapa minggu setelah Idul Fitri. Setalah perayaan Idul Fitri, biasanya orang mulai bosan dengan ketupat dan segala makanan serba santan. Karena itu, ada baiknya kita mulai menyuguhkan menu lain yang tetap layak disajikan untuk para tamu. Yuk simak, menu lezat apa saja yang bisa jadi pilihannya. 

Menu Indonesia

       Menu Indonesia dinilai paling cocok untuk kesempatan ini.  Susunan menu bisa mengikuti menu pembuka, utama, dan penutup. Pembuka bisa berupa gado-gado atau asinan. 

       Menu utama adalah menu spesial yang dibuat dari ayam, ikan/udang/cumi, dan daging. Misalnya saja ayam bakar dengan sambal yang pedas. Bisa juga ditambahkan semur jengkol yang manis agar kombinasinya pas.  Sebagai penutupnya, rujak buah bisa jadi super seru. Apalagi jika bumbu rujak disajikan bersama dengan ulekannya. Wah.. pasti rujak kita jadi favorit. 

(Baca juga: Waspadai Sembelit Pasca Lebaran Dan Cara Tepat Mengatasinya)

Menu Timur Tengah

       Bila tamu yang datang senang olahan berbumbu yang beraroma tajam, menu ini bisa disuguhkan. Bisa juga menggunakan kombinasi menu timur tengah dengan menu Indonesia. Misal, untuk hidangan berkuah, kita bisa menghidangkan soto bening Indonesia. Tapi, hidangan utamanya bergaya Timur Tengah seperti nasi kebuli. Sediakan juga aneka makanan ringan seperti samosa atau kebab yang memang khas Timur Tengah. 

Menu Western

- Seperti menu western pada umumnya, hidangan selalu dibuka dengan salad. Salad sayuran yang dressingnya ringan (dibuat dari cuka) sebenarnya lebih cocok, tetapi baik juga menyediakan dua macam dressing karena tak semua orang menyukai dressing cuka. Misalnya dressing cuka dan mayones. 

- Salad diikuti sup. Perhatikan menu utama. Kalau menu utama sudah berat, maka sajikan sup sayuran  yanga ringan. Misal dengan kuah bening, bukan berupa cream soup atau cream soup yang encer.

(Baca juga: Cara Aman Dan Sehat Bersantap Di Hari Lebaran)

- Menu utama bisa dipilih dari daging, ayam, dan ikan. Umumnya menu western tidak banyak jenisnya. Cukup satu macam dari ketiga bahan tersebut. Sebut saja misalnya grilled chicken atau chicken steak. Tetapi karena kita biasa hadir di pesta beragam hidangan, bisa ditambahkan skotel atau pasta. Pada menu western juga tidak disediakan nasi. Anda bisa menggantinya dengan kentang atau pasta.