Membuat Kopi Tubruk Buat Pasangan? Tiru Cara Barista Hits Ini, Yuk!

By dina, Jumat, 17 November 2017 | 12:06 WIB
Hal yang Patut Anda Ketahui Tentang Mengolah Kopi dalam Aneka Sajian (dina)

      SajianSedap.Grid.ID – Salah satu warisan budaya yang lestari dari zaman dahulu kala hingga sekarang adalah membuat kopi tubruk. Kopi ini dinilai berkarakter dan mampu mengeluarkan cita rasa yang luar biasa. Apalagi, Indonesia memiliki banyak sekali ladang kopi robusta yang cocok diolah dengan cara tubruk.

     Dilansir dari Grid.ID, Viki Raharda, barista asal Indonesia yang memenangkan World Barista Championship saat Grand Opening Max Corner di Plaza Semanggi Jakarta (16/07/17), memberikan tips untuk menyeduh kopi tubruk sendiri.

(Baca juga: Ngemil Sore dengan 5 Resep Singkong Paling Favorit ini Pasti Seru Banget)

      “Buat aku kopi tubruk itu jenis kopi yang paling jujur. Kita langsung bisa merasakan aroma yang real, juga rasanya apakah itu asam, pahit, ataupun spicy” ujar barista muda ini.

     Penyajian kopi tubruk terbilang mudah dan tanpa menggunakan alat. Kita hanya bermodalkan air panas untuk menyeduhnya.Untuk membuat kopi tubruk dengan cita rasa tinggi, Viki memberikan saran yang harus diperhatikan.

(Baca juga: Lapis Legit Spekuk Kukus, Camilan Istimewa Tanpa Oven)

Proses Penggilingan Kopi

     Ada baiknya untuk menggiling kopi sesaat sebelum diseduh. Sebabnya, kopi yang telah lama diseduh aromanya akan menguap. Tingkat kehalusan kopi juga menjadi poin penting. Sebaiknya, jangan giling terlalu halus atau kasar. Sedang-sedang saja.

     Kopi yang terlalu halus akan membuat rasa kopi terlalu pahit. Namun, kopi yang terlalu kasar akan menciptakan rasa asam.

(Baca juga: Brownies Kukus Keju Cokelat, Cake Dua Rasa Yang Pas Jadi Kudapan Di Segala Suasana)

Seduh dengan Air yang Suhunya Pas

      Tuangkan air dengan suhu 93-96 derajat Celsius secara perlahan agar aroma kopi semakin keluar.