Selamat Hari Anak Sedunia! Yuk, Atasi Anak yang Pilih-Pilih Makanan Tanpa Membuat Mereka Tertekan

By Virny Apriliyanty, Senin, 20 November 2017 | 10:10 WIB
Selamat Hari Anak Sedunia! Yuk, Atasi Anak yang Pilih-Pilih Makanan Tanpa Membuat Mereka Tertekan (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.idAnak pilih-pilih makanan sudah jadi hal biasa dalam dunia Ibu. Biasanya, mereka cenderung memiliki makanan favorit dan menolak makanan lain. Padahal anak butuh beragam gizi dan vitamin untuk menunjang pertumbuhannya.

      Karena itu,  dalam rangka memperingati hari anak sedunia yang jatuh di hari ini (20/11), kami akan berbagi cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Tapi, mengatasinya tentu harus dengan cara yang tepat supaya mereka tidak tertekan.  Bagaimana caranya? Simak di bawah ini,

1. Hargai selera makan anak

      Orang tua terbiasa memaksa anak untuk makan meskipun si anak sudah menolak. Kebiasaan ini harus dihindari. Jangan paksa anak untuk makan makanan dalam porsi besar. Bisa jadi, si anak merasa tidak nyaman saat makan karena sebenarnya masih kenyang. Sebaiknya sediakan makanan dalam porsi kecil untuk mendorong nafsu makannya. Percayalah, jika anak mau makan, Ia akan minta untuk tambahan porsi.

2. Sabar saat memperkenalkan makanan baru

       Anak cenderung enggan mencoba makanan yang baru dilihat. Karena itu, kita bisa memperkenalkannya dengan membicarakan tentang makanan tersebut, mulai dari warna, bentuk, dan tekstur agar anak lebih familiar. Sajikan makanan baru bersamaan dengan makanan favorit anak sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan tidak pilih-pilih makanan.

(Baca juga: Mau Pastel Menggembung Cantik? Mudah Kok, Hindari Kesalahan Ini)

(Baca juga: Jangan Lupa Buat Nugget Tahu untuk Stok Menu Seminggu Kedepan!)

3. Berikan saus untuk sayuran

       Untuk anak yang susah makan sayuran, ada cara jitu untuk membuatnya mau mencoba. Sajikan sayuran yang sudah dipotong-potong dengan saus sebagai celupan, misalnya saja saus keju atau saus bolognaise kesukaannya. Dengan begitu, rasa sayuran yang pahit bagi lidah anak tidak akan terasa.Mereka pun bisa menikmati sayurannya tanpa menolak.  

4. Jangan sediakan makanan lain

      Saat anak menolak untuk makan, jangan berikan makanan lain karena hal itu bisa menambah alasannya untuk pilih-pilih makanan. Biarkan anak tetap duduk di meja makan dengan makanan yang sama. Hal ini akan membuatnya terbiasa untuk menghabiskan makanan yang sudah tersedia. Mereka pun tidak akan pilih-pilih makanan.