Step By Step Membuat Kerupuk Pempek untuk Teman Ngemil yang Meriah

By Virny Apriliyanty, Senin, 27 November 2017 | 09:57 WIB
Step By Step Membuat Kerupuk Pempek untuk Teman Ngemil yang Meriah (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Tahukah anda kalau ada jenis kerupuk yang dibuat dari adonan pempek? Di Palembang atau Bangka, kerupuk ikan yang gepeng dan bulat biasanya memang dibuat dari adonan pempek, lho. Tapi, adonannya sengaja dibuat untuk menghasilkan pempek yang lebih keras dan alot dengan rasa ikan yang tidak terlalu nendang.

      Nah, sekarang, kita pun bisa membuat sendiri resep kerupuk pempek seperti di Palembang sana. Tipsnya, saat memotong pempek, pastikan menggunakan pisau yang tajam supaya irisannya bisa tipis dan kerupuk pempek bisa garing betul. Jangan lupa, jemur pempek yang telah diiris selama 1 hari atau lebih di bawah terik matahari. Tujuannya supaya kerupuk pempek bisa mengembang sempurna saat digoreng. Selamat mencoba!

Membuat Adonan Pempek

       Biang, Rebus 30 gram tepung terigu, 100 ml air dan 1 siung bawang putih yang dihaluskan. Aduk sampai kental. Angkat dan biarkan hangat.

       Tuang biang ke atas  100 gram ikan tenggiri yang telah dihaluskan. Tambahkan 1 batang daun bawang yang diiris halus. Uleni rata. Masukkan 75 ml air, 1 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh gula pasir, dan 1 sendok teh penyedap rasa. Aduk rata. Tambahkan  1/2 sendok teh bleng yang dilarutkan dengan 1 sendok teh air, saring dan ambil airnya saja. Banting-banting sampai kalis. Tambahkan 1 sendok teh baking powder, 250 gram tepung sagu, dan 50 gram tepung beras. Aduk rata.

Step By Step Membuat Kerupuk Pempek untuk Teman Ngemil yang Meriah

(Baca juga: Ini Caranya Agar Bumbu Kuah Soto Bisa Harum Maksimal Tanpa Bau Langu)

(Baca juga: Roti Goreng Kornet, Kelezatannya Bisa Jadi Camilan Atau Menu Sarapan)

Kukus Sampai Matang

       Masukkan adonan dalam loyang loaf 15x7x6 cm yang dialas plastik yang dioles sedikit minyak. Kukus di atas api sedang 25 menit. Kemudian rebus sampai mengapun dan matang. Dinginkan.

Step By Step Membuat Kerupuk Pempek untuk Teman Ngemil yang Meriah

Iris Tipis dan Goreng Kerupuk Pempek

       Iris tipis adonan. Keringkan 1 hari di matahari hingga kering. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang dan kering.

Step By Step Membuat Kerupuk Pempek untuk Teman Ngemil yang Meriah

(Baca juga: Mau Pastel Menggembung Cantik? Mudah Kok, Hindari Kesalahan Ini)