Dahsyat! Kopi Mandailing Ternyata Jadi Salah Satu Kopi Terbaik di Dunia

By Sajian Sedap, Senin, 27 November 2017 | 10:53 WIB
Kopi Mandailing Di Acara Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby Adalah Salah Satu Kopi Terbaik di Dunia (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Pada acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution kemarin, banyak menu khas Sumatera yang disajikan dan menggugah selera. Salah satu yang unik dan jadi permintaan khusus pihak keluarga adalah kopi mandailing. Pertanyaannya, kenapa harus kopi mandailing?

      Faktanya, kopi mandailing adalah salah satu kopi terbaik dari tanah Sumatera. Meski pernah mengalami masa kelam di mana seluruh pohon kopi ditebang, namun perlahan kopi ini kembali bangkit di kabupaten Mandailing Natal. Bahkan kopi mandailing lebih dulu terkenal di Eropa. Saking terkenalnya, akhirnya banyak kopi Sumatera yang menggunakan nama Mandailing sebagai nama produk mereka.

Proses Semi-wash Buat Cita Rasa Kopi Jadi Kuat

      Kopi mandailing memiliki cita rasa yang khas dan membedakannya dari kopi lain dari nusantara. Tingkat keasaman kopi ini pun rendah, namun tetap kental. Hal ini dikarenakan kopi mandailing memiliki jenis specialty coffee. Artinya kopi mandailing sudah melewati proses seleksi tertentu yang membuatnya memiliki kualitas aroma dan rasa yang istimewa dan diatas kopi pada umumnya.

      Proses untuk kopi mandailing ini terbilang unik dan sudah secara konsisten turun temurun dilakukan. Nama prosesnya yaitu semi-wash. Biji kopi pertama-tama dikupas, difermentasi, lalu dikeringkan secara tidak penuh. Setelah itu kopi kembali dikupas lalu dikeringkan lagi. Proses inilah yang membuat cita rasa kopi mandailing jadi salah satu kopi terbaik di dunia.

(Baca juga: Menu Khas Mandailing pada Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby Ini Bikin Publik Penasaran)

(Baca juga: Resep Jitu Membuat Brownies Kukus Keju Enak Ini Wajib Dicoba)

Kopi Mandailing di Dunia Internasional

      Erna Knutsen, pendiri dari Knutsen Coffee Ltd., adalah orang yang pertama kali mencetuskan istilah specialty coffee pada tahun 1974. Pada acara Specialty Coffee Association of America paa 2014 lalu, Erna menyebut jika kopi Mandailing adalah sumber inspirasinya untuk istilah tersebut. Erna juga mengaku bahwa kopi mandailing adalah kopi favoritnya.

      Kopi mandailing mendapatkan hati diseluruh penikmat kopi di dunia. Proses semi-wash yang disebutkan sebelumnya juga kemudian diadaptasi untuk proses biji kopi lain dari luar negeri, khususnya Amerika Latin. Hal ini dikarenakan mereka ingin membuat biji kopi yang enak seperti Mandailing yang kemudian menjadi biji kopi dasar untuk pembuatan espresso.

      Kopi mandailing kini banyak disajikan di berbagai gerai kopi, baik di Indonesia maupun luar negeri. Bahkan kopi mandailing sudah memiliki merek dagang di pasar internasional, lo! Yuk, ikut menikmati enaknya kopi asli nusantara. (MA)

Sumber dok. Berbagai sumber