Selama Hidup, Ini Makanan Maknyus Favorit Bondan Winarno

By Virny Apriliyanty, Rabu, 29 November 2017 | 08:24 WIB
Selama Hidup, Ini Makanan Maknyus Favorit Bondan Winarno (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Kabar duka datang dari dunia kulier Indonesia. Bondan Winarno, presenter TV sekaligus juga pakar kuliner Indonesia meninggal dunia hari ini (29/8), dalam usia 67 tahun. Banyak orang pasti kenal dengan pria berjargon “Pokok’e Maknyus” ini. Dalam acara TV yang dibawakannya, Bondan terkenal pintar menggambarkan rasa makanan baik dari kata-kata maupun ekspresinya. Tak heran, pada masanya, program TV yang membersarkan namanya tersebut punya rating tinggi.

       Yang menarik, walau telah mencoba jutaan jenis makanan dari seluruh dunia, toh, yang jadi favorit pria asal Jawa Timur ini tetap saja makanan khas daerah Indonesia. Kira-kira apa saja, ya, daftar makanan favoritnya? Simak di bawah ini,

Masakan Padang

        Walau menjalani pola hidup sehat setiap harinya, Pria asal Jawa Timur ini tetap saja cinta pada makanan Padang. Namun, mengingat usia yang tidak muda lagi, Bondan sadar kalau tubuhnya butuh makanan yang lebih sehat. Karena itu, sejak memasuki usai 50 tahun, Bondan mulai mengurangi konsumsi makanan favoritnya Ini.

(Baca juga: Kaldu Daging Paling Baik Direbus Air Dingin atau Air Mendidih? Ini Jawabannya)

(Baca juga: Antigagal, Ikuti 5 Tips Sukses Membuat Klapertart Seenak yang Dijual Di Pasaran)

Masakan Manado                                                                                                                                                           

       Masakah khas Daerah yang disukai Bondan lainnya adalah masakan Manado. Menurutnya, masakan Manado lebih sehat karena tidak menggunakan santan. Bahannya pun kebanyakan menggunakan ikan, jadi penuh gizi.

        Nah yang jadi favorit Bondan adalah ikan woku belanga dan tumis papaya. Tak heran sih,  Keduanya memang super maknyus. Ikan woku adalah ikan yang dimasak dalam bumbu kuning bercita rasa gurih, pedas dan sedikit asam. Di dalamnya ditambahkan banyak kemangi dan daun jeruk sehingga aromanya betul-betul sedap. Kebayang, kan, enaknya?

(Baca juga: Simpan Tahu Dengan Cara Ini, Dijamin Tidak Jadi Asam)

(Baca juga: Percaya Deh! 5 Resep Serba Pindang ini Pasti Enak Siapa Pun yang Membuatnya )

Masakan Serba Ikan