Meriahkan Tahun Baru dengan Jagung Bakar yang Gurih Merata, Begini Caranya!

By Sajian Sedap, Selasa, 26 Desember 2017 | 20:24 WIB
Dengan Tips Ini, Jagung Bakar Akan Gurih Merata Untuk Meriahkan Pergantian Tahun (Sajian Sedap)

SajianSedap.grid.id – Acara bakar-bakar makanan seakan jadi kegiatan wajib saat merayakan pergantian tahun. Bila dilakukan bersama keluarga dan orang-orang terdekat, acara bakar-bakar makanan pasti terasa makin seru. Entah dari mana awalnya, namun yang jelas kegiatan ini sukses memeriahkan perayaan tahun baru di mana pun.

      Nah, salah satu bahan makanan yang sering dibakar di momen spesial akhir tahun ini adalah jagung. Selain sosis, jagung juga enak dibakar dengan olesan mentega atau saus buatan sendiri. Jika jagung mesuk ke dalam menu acara bakar-bakar Anda di malam Tahun Baru nanti, sebaiknya simak dulu tips berikut ini agar hasil bakaran jagung terasa gurih merata.

Jagung Bakar dengan Kulit

      Membakar jagung juga bisa dilakukan dengan tetap menyertakan kulitnya. Kulit jagung justru akan menambah aroma harum pada jagung setelah matang, lo. Hasil jagung bakarnya pun lebih bersih karena tidak akan ada noda hitam akibat hasil bakaran pada biji-biji jagungnya. Selain itu, tekstur jagung akan terasa lebih juicy dan lembap teksturnya. Cara membakarnya agar hasilnya maksimal:

1. Rendam jagung bersama kulitnya di dalam air untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit jagung.

2. Kupas kulit paling luar sampai terlepas.

3. Kupas kulit di bagian dalam, tapi jangan sampai terlepas.

4. Bersihkan rambut-rambut jagung yang menempel pada biji-biji jagung.

5. Lumuri jagung dengan mentega secara merata. Pasang kembali kulit jagung hingga menutupi seluruh permukaan biji jagung.

6. Bakar jagung sekitar 15 menit sambil dibolak-balik.

7. Saat sudah matang, kupas kulitnya dan kita bisa menambahkan saus tambahan seperti mayones atau saus sambal. Saus yang dioleskan belakangan akan terasa gurih merata karena tidak bersentuhan langsung dengan bara api.

(Baca juga: Kelapa Parut Tidak Mudah Basi dengan Tips Ini, Cocok untuk Santan dan Taburan )