Kami Punya Solusinya Agar Satai Tidak Cepat Hangus, Wajib Tahu Sebelum BBQ-an

By Virny Apriliyanty, Kamis, 28 Desember 2017 | 02:43 WIB
Kami Punya Solusinya Agar Satai Tidak Cepat Hangus, Wajib Tahu Sebelum BBQ-an (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id – Memanggang memang bisa jadi salah satu cara pengolahan makanan yang tergolong sehat. Tapi, tidak kalau bahan yang kita panggang jadi hangus. Soalnya, bagian yang hangus ini dipercaya bersifat karsinogenik atau bisa menyebabkan kanker.

      Karena itu, sebisa mungkin, kita harus menghindari memanggang daging atau ikan sampai hangus.  Apalagi kalau kita juga memakan bagian yang hangus itu. Nah, supaya satai tidak cepat hangus, kami punya solusinya di bawah ini,

1. Gunakan lemak

     Bagi sebagian orang, lemak mungkin dihindari. Tapi, saat memanggang satai, pastikan menyelipkan lemak di antara daging, ya. Lemak bisa menurunkan kemungkinan satai jadi gosong. Pasalnya, minyak dari lemak akan terus melapisi daging. Lemak juga akan membuat hasil satai lebih empuk dan tidak keras.

     Untuk satai sapi atau kambing, cukup selipkan satu buah lemak pada satu buah satai. Kalau ayam, gunakan saja bagian kulitnya. Kalau tidak mau dimakan karena tinggi kalori dan kolestrol, buang saja bagian lemak ini saat akan dimakan.

(Baca juga: Coba Perhatikan, Ini Dia Tanda Susu Kental Manis Sudah Tak Layak Konsumsi)

(Baca juga: Jika Ingin Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh, Santap Makanan Ini!)

2. Oleskan saus manis setelah setengah matang

     Siapa yang punya kebiasaan memarinasi dulu daging satai dalam saus? Ternyata, saus satai terutama yang manis bisa membuat satai jadi hangus. Pasalnya, saus manis ini mudah mengkaramel lalu berubah jadi gosong atau hangus. Sebut saja misalnya kecap manis, gula merah, sampai juga gula merah.

     Sebenarnya, tidak masalah menggunakan saus manis tersebut. Toh, rasanya satai akan jadi jauh lebih nikmat. Tapi, cukup oleskan atau lumuri satai dengan saus manis itu setelah setengah matang. Dengan begitu, saus tidak akan dipanggang terlalu lama lagi.

(Baca juga: Bukan Mustahil Membuat Kue Cucur Berserat Cantik Asal Tahu Trik Ini, Catat Ya!)

(Baca juga: Tantang Diri Anda Belajar Membuat Kue Ku Aneka Buah Pakai Resep Teruji Ini )