Dinyatakan 'Paling Bersih', 11 Buah dan Sayur ini Tak Perlu Dibeli Secara Organik

By Virny Apriliyanty, Senin, 16 April 2018 | 11:35 WIB
Dinyatakan 'Paling Bersih', 11 Buah dan Sayur ini Tak Perlu Dibeli Secara Organik (Virny Apriliyanty)

SajianSedap.grid.id - Kekhawatiran akan bahaya pestisida dalam bahan makanan sering kali membuat sejumlah orang beralih untuk membeli buah dan sayuran organik.

Produk organik memang terkenal memiliki banyak manfaat, tidak hanya bebas dari pestisida tetapi juga lebih kaya rasa, nutrisi, dan tahan lama.

Meski begitu, tak dapat dipungkiri jika harga bahan makanan organik lebih mahal dibandingkan dengan bahan makanan biasanya.

Nah, tetapi jangan khawatir.

Ada beberapa bahan makanan seperti buah dan sayuran yang tidak perlu dibeli secara organik karena dianggap 'paling bersih'.

Hal ini diungkapkan oleh Environmental Working Group (EWG) dalam rilis Panduan Belanja untuk Pestisida tahun 2018 di Produce.

Dimana dalam rilis tersebut, EWG menemukan sejumlah buah dan sayuran yang mengandung pestisida paling sedikit sehingga tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membelinya secara organik.

Untuk menemukan hal tersebut, EWG melihat lebih dari 10.000 sampel yang diambil dari USDA dan administrasi makanan dan obat-obatan dari buah-buahan dan sayuran populer.

Berikut beberapa daftar buah dan sayuran yang 'paling bersih' menurut EWG sebagaimana yang dilansir dari Insider.

(Baca juga: Dengan Resep Teruji ini, Tom Yam Soup Buatan Kita Pasti Enak)

(Baca juga: Ini Daftar 5 Resep Pepes Ayam Termudah! Cocok Untuk Makan Siang Hari Ini)

1. Brokoli