SajianSedap.com - Dalam menjalankan usaha atau bisnis memang banyak lika-liku yang terjadi.
Salah satunya adalah adanya tipe konsumen yang sering membanding-bandingkan.
Konsumen seperti ini kalau salah diartikan bisa membuat persaingan dirasa tak sehat antar-gerai.
Menurut Wulan Ayodya, pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatikan wirausahawan dan kursus keterampilan penunjang usaha, konsumen tipe pembanding adalah konsumen yang sangat paham produk, lokasi, dan kondisi bisnis di sekitarnya.
Bisa jadi konsumen tipe ini justru lebih menguasai kondisi produk dan gerai Anda, bahkan produk dan gerai lain di sekitarnya.
Jika Anda tak benar-benar mengerti kondisi bisnis gerai-gerai di sekitar, ia akan berusaha mencari keuntungan lebih bagi dirinya.
Ada kemungkinan selain ia mengerti kondisi bisnis, ia pun mengamati dan mengerti cara menghadapi karakter penjualnya.
Untuk itu, Anda harus menguasai produk dan kondisi gerai-gerai lain selain gerai sendiri, untuk menghadapi konsumen bertipe pembanding.
Tipe pembanding akan selalu membandingkan produk-produk Anda dengan produk kompetitor.
Kendati tak sama produknya dengan gerai lain, secara tak langsung mereka juga pesaing usaha Anda.
Penulis | : | Virny Apriliyanty |
Editor | : | Virny Apriliyanty |
KOMENTAR