SajianSedap.com - Superbrands, lembaga arbiter internasional untuk brand terkemuka bersama lembaga survei Nielsen kembali memberikan apresiasi kepada merek-merek terbaik Indonesia.
Untuk kategori Trusted Online Media ( media online tepercaya), Kompas.com tampil sebagai pemenang di antara ribuan media online yang tumbuh dan berkembang di era digital di Indonesia.
Pada 2018, Dewan Pers mencatat, setidaknya ada 43.000 media online di Indonesia.
Dari puluhan ribu media online itu, tidak lebih dari 200 media online yang dikategorikan terverifikasi.
Pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan kepada Kompas.com sebagai media online tepercaya dilakukan pada Gala Awards Superbrands 2019 di Ballroom 1, Sheraton Gandaria, Jakarta, Jumat, 31 Juli 2019.
Superbrands adalah lembaga yang sudah berdiri selama lebih dari 26 tahun di lebih dari 86 negara.
Atas pengakuan dan penghargaan Superbrands 2019 untuk Kompas.com sebagai media online tepercaya ini, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho mengucapkan terima kasih khususnya kepada para pembaca.
“Pengakuan dan penghargaan ini adalah peneguh atas upaya jurnalistik Kompas.com selama 23 tahun lebih untuk menjadi media rujukan tepercaya bagi para pembaca,” ujar Wisnu Nugroho di Jakarta, Kamis (1/8/2019).
Untuk Kompas.com yang didirikan pada 14 September 1995, penghargaan sebagai media online tepercaya merupakan penghargaan berturut-turut kedua setelah pada 2018 mendapat penghargaan yang sama.
“Terima kasih pertama-tama untuk para pembaca,” ujar Wisnu Nugroho.
Dalam satu tahun terakhir, sebagai media online tepercaya, Kompas.com berperan dalam jaringan internasional penguji fakta (International Fact Checking Network/IFCN) untuk melawan hoaks dan mengungkapkan kebenaran dengan kerja-kerja jurnalistik.
Puluhan media dan lembaga di seluruh dunia ada dalam upaya bersama memerangi hoaks dan terhubung dalam IFCN sejak 2017.
Bukti Pencapaian
Terkait pemberian penghargaan ini, CEO Superbrands Indonesia Grandtyana Mayasari mengatakan, penghargaan yang diraih para pemilik brand merupakan bukti pencapaian.
“Brand yang mendapat Superbrands Awards 2019 telah menjadi TOP of Mind yang mendapat tempat sangat spesial di mata para konsumen, melalui inovasi-inovasi yang dilakukan selama ini,” ujar Grandtyana.
Acara Gala Awards Superbrands Indonesia 2019 dihadiri sekitar 40 brand terkemuka di Indonesia yang mendapatkan status dan penghargaan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Nielsen dengan 38 kategori penghargaan.