Dipercaya Rentan Terjangkit Virus Corona, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes Agar Terhindar dari Virus Mematikan!

By Lutfi Mudrika Izaki, Minggu, 15 Maret 2020 | 18:30 WIB
Ilustrasi virus Corona ()

SajianSedap.com - Virus mematikan ini dikabarkan berasal ari Wuhan, Cina.

Wabah Covid-19 telah dinyatakan sebagai pandemi kesehatan masyarakat internasional oleh WHO.

Sampai saat ini tidak ada vaksin melawan Covid-19 dan sayangnya, penderita diabetes mungkin lebih rentan terhadap efek parah dari virus.

Baca Juga: Hand Sanitizer Langka dan Mahal, Begini Cara Mudah Membuatnya Sendiri di Rumah! Dijamin Ampuh Lawan Virus Corona

Baca Juga: Tak Khawatir Meski Virus Corona Mengintai, Gaya Umi Pipik Saat Makan Justru Jadi Sorotan: 'Virus Itu Kalahnya Sama Bakso'

Penting diketahui, Covid-19 adalah virus corona baru dan berpotensi serius.

Ada banyak coronavirus, mulai dari flu biasa hingga virus yang lebih serius seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Mereka adalah virus yang telah ditularkan dari hewan ke manusia. Pada kasus yang parah, coronavirus dapat menyebabkan infeksi di paru-paru (pneumonia), gagal ginjal dan bahkan kematian.

Tanda-tanda umum adalah gejala khas flu: demam, batuk, kesulitan bernapas, kelelahan dan nyeri otot.

Gejala biasanya mulai dalam waktu 3-7 hari setelah terpapar virus, tetapi dalam beberapa kasus perlu waktu hingga 14 hari untuk gejala muncul.