Dipercaya Sebagai Obat Alami Diabetes, Ternyata Orang dengan Kondisi Ini Dilarang Keras Konsumsi Bayam! Stop Mulai Sekarang

By Siti Afifah, Senin, 20 April 2020 | 07:30 WIB
Meskipun menyimpan banyak khasiat, bayam ternyata bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi berikut ini (via Listverse)

Dipercaya Sebagai Obat Alami Diabetes, Ternyata Orang dengan Kondisi Ini Dilarang Keras Konsumsi Bayam! Stop Mulai Sekarang

SajianSedap.com - Tak banyak yang mengetahui bahwa bayam memiliki khasiat luar biasa sebagai obat alami.

Bayam mampu mengobati beberapa penyakit serius seperti diabetes.

Bayam digunakan sebagai obat alami lantaran kaya akan fitonutrien, antioksidan, mineral, dan vitamin yang sangat berkontribusi terhadap kesehatan.

 

The Journal of Dietary Supplements menerbitkan sebuah penelitian yang mengkonfirmasi potensi anti-diabetes bayam hijau (Amaranthushybridus).

Para peneliti dari Al Shifa College of Pharmacy di India melakukan penelitian untuk melihat efek ekstrak daun dari bayam pada tikus diabetes yang diinduksi streptozotocin.

Selain itu, mereka juga ingin menilai sifat antioksidan tanaman.

Baca Juga: Mercure Hotel Jakarta Kota, Lives Up To Be Stylish In A Modest Yet Luxurious Way

Baca Juga: The Legendary Nasi Campur Warung Wardani is Now Available in Bintaro! Here's What It Looks Like!

Menurut hasil penelitian mereka, ekstrak daun bayam hijau mampu menurunkan kadar gula darah tikus yang diberikan secara oral dengan 200 miligram per kilogram (mg/kg).

Serta ekstrak daun 400 mg/kg selama periode dua minggu.

Selain itu, juga ditemukan bahwa ekstrak juga meningkatkan parameter biokimia serum yang terkait dengan diabetes dan secara signifikan mengurangi kerusakan oksidatif.

Peneliti menyimpulkan bahwa hasil ini hanya ingin menunjukkan bahwa ekstrak dari bayam hijau dapat digunakan sebagai obat alami untuk diabetes.