Tempura, Sajian Gorengan Renyah dengan Warna Keemasan ala Jepang

By Kaina Harini, Jumat, 22 Mei 2020 | 14:00 WIB
Siapa yang tidak menyukai renyahnya sajian asal negeri sakura ini. (DOK. Akarat T) (Akarat T)

SajianSedap.com – jika Sase Lover sedang ingin menikmati hidangan khas negeri matahari, apa yang pertama kali muncul dibenak? Sushi, udon, soba, atau tempura udang yang dibalut dengan tepung roti yang dimasak hingga renyah.

Ternyata tempura bukanlah makanan asli dari Jepang, tetapi merupakan hidangan yang dibawa oleh pendatang dari Eropa.

Menurut Business Insider, bukti paling awal terkait makanan yang digoreng berasal dari Spanyol dan Portugal,  dimana resep mengenai ikan goreng ditemukan dalam buku masak keluaran Abad ke 13.

Selanjutnya Portugis membawa alat masak penggorengan ke Jepang, yang kemudian menghasilkan sajian makanan yang berbalut tepung lalu dimasak ke dalam minyak panas, yang selanjutnya orang Jepang sebut dengan nama tempura.

Dilansir dari Kompas.com, saat pertama kali diperkenalkan, tempura tidak begitu populer karena jarang dimasak, karena teknik masak yang masih asing dan harga minyak yang mahal saat itu.

Baca Juga: Opor Ayam Suwir Kering Dengan Minyak Goreng Filma Inspirasi Sajian Lebaran

Tetapi, hal itu berubah pada Zaman Edo (1603 – 1867), saat produksi minyak masak mulai meningkat pesat di Jepang. Hingga pada akhirnya, tempura dinobatkan sebagai salah satu dari “Edo no Zanmai” atau Tiga Hidangan khas Zaman Edo bersama dengan sushi dan soba.

Bagi Sase Lovers yang ingin menikmati tempura, bisa mencoba membuatnya di rumah aja sebagai hidangan berbuka ataupun sahur di bulan Ramadan ini.

Sase Lovers bisa memilih, sayuran  seperti terong, bayam, kale, wortel, hingga udang sebagai bahan utama. Kemudian sebagai bahan krispinya cukup sederhana, Sase Lovers cukup menyiapkan campuran tepung, telur, garam secukupnya, dan air. Tepung Roti juga bisa ditambahkan sesuai selera.