Mirip Taoge, Ini Dia 5 Fakta Jamur Enoki yang Dimusnahkan Kementan RI, Sebabkan Wabah Baru di Luar Negeri!

By Sera B, Kamis, 25 Juni 2020 | 17:28 WIB
Bahaya Mengincar! Jamur Enoki Mendadak Dikaitkan dengan Munculnya Wabah Listeria, Ada Apa? (Freepik)

Mirip Taoge, Ini Dia Fakta Jamur Enoki yang Dimusnahkan Pemerintah, Sebabkan Wabah Baru di Luar Negeri!

Sajiansedap.com - Rabu (24/06), Kementerian Pertanian RI telah menarik peredaran dan memusnahkan jamur enoki di Indonesia.

Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementan mengungkapkan bahwa jamur enoki terbukti tercemar bakteri berbahaya.

Hal ini dijelaskan oleh jelas Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementan, Yasid Taufik dalam seminar Webinar Keamanan Pangan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," Kata Yasid Taufik.

Baca Juga: Heboh Jamur Enoki Sebabkan Listeria, Siapa Sangka Penyakit Ini Juga Bisa Datang dari Semangka yang Disimpan dalam Kulkas!

Baca Juga: Dipercaya Semua Orang, Benarkah Minum Es Jeruk Setelah Makan Udang Bisa Sebabkan Keracunan? Ini Kata Ahli

Yasid mengungkapkan, pihaknya telah mengawasi dan pengujian yang hasilnya menyatakan bahwa jamur enoki benar mengandung listeria.

Selama Maret sampai April 2020, terdapat KLB (kejadian luar biasa) di Amerika Serikat, Australia, dan Kanada akibat mengonsumsi jamur enoki yang terkontaminasi bakteri listeria.

Jamur enoki beracun tersebut berasal dari satu tempat, yaitu diproduksi perusahaan pangan Sun Hong Foods asal Korsel.

Diketahui keberadaan jamur enoki di Indonesia saat ini cukup populer, karena sering dijadikan topping di ramen dan sukiyaki. 

Untuk mengetahui lebih jauh terkait jamur Enoki, simak beberapa fakta yang Sajian Sedap rangkum.