Sering Ngemil saat WFH? Yuk Intip 4 Fakta Unik Ngemil Selama Pandemi dalam Survei "The State of Snacking 2020" dari Mondelez International
SajianSedap.com - Ngemil merupakan kegiatan yang biasa dilakukan banyak orang.
Baik itu sendang santai atau berkumpul bersama keluarga dengan teman, ngemil bak jadi pelengkap.
Apalagi saat Covid-19 melanda tahu 2020 kemarin, pastinya kegiatan ngemil tak bisa kita hindarkan saat di rumah, ya?
Saat mulai bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) apakah kegiatan ngemil Anda jadi semakin bertambah? Atau malah berkurang?
Nah, daripada bingung, Survei The State of Snacking 2020 dari Mondelez International bisa jadi jawabannya nih!
Baca Juga: Suka Ngemil? Intip 4 Fakta Unik Ngemil dalam Survei
Diketahui Mondelēz International sebagai salah satu pemimpin global dalam industri makanan ringan menganalisa kebiasaan, wawasan dan tren ngemil pada konsumen di Indonesia dan 11 negara lainnya.
Penasaran apa saja hasilnya?
Yuk kita simak fakta-fakta kebiasaan ngemil selama pandemi dari survei The State of Snacking 2020 dari Mondelez International berikut ini.
Pandemi Covid-19 2020 kemarin membawa banyak perubahan, termasuk dalam kebiasaan ngemil di masyarakat dunia, termasuk Indonesia.
Nah, tujuan survei The State of Snacking 2020 ini untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan menemukan berbagai pemahaman baru tentang peran camilan bagi masyarakat baik fungsional maupun emosional.
"Khususnya dalam keseharian masyarakat Indonesia yang sangat lekat dengan camilan,
hadirnya survei ini bisa menjadi media informasi bagi masyarakat akan beragam manfaat baik dari camilan," ucap Prashant Peres, President Director Mondelēz Indonesia, dalam Virtual Conference The State of Snacking 2020 yang dilaksanakan Mondelez International, Selasa (12/1/2020).
Baca Juga: Mondelez Indonesia Ajarkan Pentingnya Sarapan pada Anak Sekolah Lewat Program Joy School
Perubahan Kebiasaan Ngemil di Masa Pandemi
Survei The State of Snacking 2020 menemukan bahwa pandemi telah mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia akan konsumsi dan pembelian camilan, diantaranya yaitu:
1. 60% orang Indonesia Lebih Banyak Ngemil Selama Pandemi
Lebih tinggi dari rata-rata global, ternyata 60% orang Indonesia lebih banyak ngemil selama pandemi dibandingkan sebelumnya.
Masyarakat Indonesia sendiri rata-rata mengkonsumsi 3x makanan ringan per hari, yang melebihi jumlah rata-rata global.
2. Ngemil untuk Mencari Kenyamanan
Terungkap bahwa saat ini setiap individu berusaha mencari kenyamanan saat menikmati camilan sehingga pemilihan waktu ngemil menjadi lebih spontan dan bervariatif.
60% menyatakan bahwa jadwal ngemil mereka menjadi lebih tidak terencana dan berbeda setiap harinya.
Data tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi makanan ringan untuk mencari kenyamanan di tahun ini (71%), dibandingkan dengan data pada tahun lalu (64%).
3. Ngemil Bisa Bikin Bahagia di Masa Pandemi
84% responden menyatakan bahwa camilan merupakan salah satu sumber kebahagiaan mereka.
Mengenai manfaatnya bagi keluarga, 94% orang tua mengandalkan camilan untuk menghibur anak-anaknya selama pandemi.
Baca Juga: Mondelez Internasional Sejahterakan Petani Cokelat Melalui Program Cocoa Life
Aktris dan juga seorang Ibu keluarga millenials Novita Angie, menyatakan kesamaan pendapatnya, dimana camilan bisa menjadi sarana hiburan yang membangun kedekatan keluarga.
“Selama masa pandemi orang tua dituntut menjadi lebih kreatif, karena ruang gerak anggota keluarga menjadi terbatas, terutama anak-anak yang cepat bosan.
Oleh karena itu, camilan bisa menjadi medium untuk menghibur, sekaligus juga untuk melengkapi momen kebersamaan keluarga.,” tutur Novita.
Artikel berlanjut setelah video di bawah ini.
4. Pergeseran pembelian camilan dari offline menuju online.
Survei kali ini juga mengungkap bahwa jumlah transaksi camilan secara online meningkat 33%, dibandingkan sebelum pandemi.
75% merasa lebih aman dan nyaman dengan membeli camilan secara online.
Dalam hal menemukan jenis camilan baru, media sosial menempati pilihan teratas dengan dipilih oleh 54% responden.
Mondelez International dengan produk-produknya yang ikonik seperti biskuit Oreo, cokelat Cadbury, dan Keju KRAFT telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia.
“Melalui survei State of Snacking ini, Mondelēz Indonesia semakin memahami kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia di masa new normal ini,
sehingga dapat menghadirkan camilan yang tepat, di waktu yang tepat dan membuatnya dengan cara yang tepat pula, di mana hal ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk Empower People to Snack Right.” tutup Prashant.
Baca Juga: Suka Mengemil Saat Malam Hari? Berikut Cara yang Aman Agar Berat Badan Tidak Naik